TATIYE.ID (PEMKOT) – Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Madjid meminta kepada seluruh ASN di lingkup Pemkot Gorontalo untuk memfokuskan perbaikan pelayanan publik serta kinerjanya dalam memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan yang prima.
Hal itu disampaikannya saat membuka desiminasi kebijakan pelayanan publik dan bimbingan teknis penyusunan indeks kepuasan masyarakat di lingkup Pemkot Gorontalo, Kamis (10/06/2021).
“Tujuan pelayanan publik adalah untuk memuaskan masyarakat. Dan apabila itu dapat disikapi, maka layanan tersebut dikatakan bermutu. Sedangkan jika kenyataan kurang dari yang diharapkan, maka layanan yang diberikan tidak bermutu dan tidak memuaskan masyarakat,” ujarnya.
Ia mengakui, pelayanan publik oleh pemerintah dewasa ini masih banyak kelemahan. Sehingga belum dapat memenuhi sesuai apa yang diharapkan masyarakat.
Hal ini ditandai dengan masih adanya keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media massa. Sehingga menimbulkan citra yang kurang baik terhadap aparatur pemerintah.
“Fungsi utama pemerintah adalah untuk melayani masyarakat. Oleh karena itu, saya berharap kualitas pelayanan publik harus lebih dimaksimalkan lagi oleh ASN Pemkot Gorontalo. Terutama dari segi kebijakan, SDM, sarana dan prasarana, serta sistem dan prosedur yang tidak berbelit-belit,” tuturnya.
Untuk itu melalui kegiatan ini, Sekda Ismail Madjid berharap, kualitas pelayanan publik di Pemkot Gorontalo harus ditingkatkan dan dilakukan secara bersama-sama, terpadu, terprogram, terarah, dan konsisten dalam memperhatikan kebutuhan masyarakat.
“Jika hal ini dapat disikapi, maka pelayanan yang diberikan kepada masyarakat mudah diwujudkan sesuai harapan bersama,” tutup Ismail Madjid. (**)