Wamen LHK Berkunjung ke Gorontalo Disambut Adat Mopotilolo

TATIYE.ID (PEMPROV) – Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong berkunjung ke Provinisi Gorontalo. Kedatangannya di Bumi Serambi Madinah disambut dengan adat Mopotilolo di terminal lama Bandara Djalaludin Gorontalo, Rabu (27/7/2022).

Mopotilolo merupakan upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat negara yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di Gorontalo. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Wakil menteri Alue Dohong tiba di Gorontalo sekitar pukul 11.00 Wita dengan pesawat Garuda Indonesia. Rombongan disambut oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba bersama Asisten II Setda Provinsi Gorontalo Sutan Rusdi.

Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Setibanya di ruangan VIP,  prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional.

Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Wamen bersama rombongan selama berada di Gorontalo.

Setelah disambut secara adat dan makan siang, Wamen Alue Dohong bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju Cagar Budaya Pendaratan Ir. Soekarno. Selain melihat beberapa koleksi sejarah dan menikmati suasana Danau Limboto, Alue Dahang juga melakukan penanaman pohon Malalahengo (Gorontalo Grape) di halaman Cagar Budaya Pendaratan Ir. Soekarno.

Selanjutnya, Wamen bersama rombongan mengunjungi Benteng Otanaha yang tidak berada jauh dari lokasi tersebut. Kunjungan Wamen Alue Dohong di Gorontalo dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari. Pada hari kedua, Wamen akan mengunjungi Wisata Hiu Paus, kediaman masa kecil prof. BJ Habibie, Universitas Negeri Gorontalo, dan Taman Laut Olele.

Pada hari ketiga, Wamen diagendakan untuk mengunjungi BTN Bogani Nani Wartabone, pemberian bantuan dan pelepasan burung maleo, serta memberikan pembinaan kepada pegawai lingkup UPT KLHK Provinsi Gorontalo sekaligus peresmian kantor BPDAS Bone Bolango. (**)

Exit mobile version