Wagub Idris Buka Bimtek Penyusunan Peta Proses Bisnis

Wagub Idris Rahim saat memberikan sambutan pada pembukaan bimtek penyusunan Peta Proses Bisnis lingkup OPD Provinsi Gorontalo, Senin (15/3/2021). Foto : Haris.

TATIYE.ID (GORONTALO) – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim membuka bimbingan teknis (bimtek) Penyusunan Peta Proses Bisnis. Kegiatan yang digelar Biro Organisasi Pemprov Gorontalo itu berlangsung di aula Panua Kantor Bupati Pohuwato, Senin (15/3/2021).

“Struktur organisasi Pemprov Gorontalo itu cukup besar, diharapkan bisa begerak cepat dalam melayani masyarakat, bukan sebaliknya justru menghambat. Itulah gunanya penyusunan Peta Proses Bisnis,” ucap Idris.

Idris mengatakan, Peta Proses Bisnis merupakan diagram yang menggambarkan hubungan kerja yang efektif dan efisien antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Penyusunan Peta Proses Bisnis juga kata Idris, akan mempermudah koordinasi dan sinergitas OPD dalam melihat permasalah pada satu program kegiatan, sehingga bisa segera diambil langkah solusinya yang lebih terarah.

“Penyusunan Peta Proses Bisnis ini jangan hanya dimaknai sebagai dokumen kelengkapan Sakip, tetapi ini merupakan langkah strategis menuju Gorontalo unggul, maju, sejahtera dan bermartabat,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Biro Organisasi Aryanto Husain mengatakan, penyusunan Peta Proses Bisnis merupakan salah satu faktor suksesnya pelaksanaan reformasi birokrasi di instansi pemerintah. Menurutnya, penyusunan Peta Proses Bisnis diharapkan akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja pada setiap instansi.

“Proses bisnis yang berbelit-belit dan tumpang tindih antar OPD akan membuat organisasi lambat bekerja. Oleh karena itu butuh Peta Proses Bisnis yang dilakukan setiap OPD untuk mencapai visi dan misinya,” jelas Aryanto.

Bimtek penyusunan Peta Proses Bisnis akan berlangsung selama dua hari, 15 – 16 Maret 2021. Bimtek diikuti oleh 62 peserta utusan dari seluruh OPD Provinsi Gorontalo dengan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (Adv)

Exit mobile version