Wabup Tolitoli Terkesan dengan Tata Kelola TPST Madani Pohuwato

TATIYE.ID (POHUWATO) – Wakil Bupati Tolitoli, Moh. Besar Bantilan bersama anggota DPRD Tolitoli mengunjungi TPST Madani Desa Teratai Kecamatan Marisa, Kamis (18/3/2021).

Di tempat pengolahan daur ulang (PDU) sampah plastik itu, Wabup Tolitoli diterima Kadis DLH Pohuwato Bahari Gobel bersama pihak Burung Indonesia, Marhalim.

Kadis Bahari Gobel menjelaskan bahwa pihak Burung Indonesia adalah penanggungjawab di tempat PDU TPST Madani. Berkat kerjasama dengan Burung Indonesia, Pohuwato dapat mengirim sampah daur ulang ke Surabaya.

“Ya, outputnya beda, kalau kantong kresek bisa jadi batako dengan paving block. Selain TPS 3R, 4 TPST tersebut rata-rata untuk pengeloaan pupuk kompos. Selain itu ada 9 bank sampah sudah termasuk 1 bank sampah induk . Alhamdulillah sejak 3 tahun terakhir kami sudah di bantu oleh Burung Indonesia. Bahkan sudah menjadi studi tiru dari beberapa kabupaten di Gorontalo,” jelas Bahari.

Sementara itu, Wabup Tolitoli menjelaskan tujuan kunjungan ini adalah untuk mengetahuii tata kelola sampah di Pohuwato. Karena kami mendengar bahwa disini pengelolaan sampah lebih modern.

“Ya, pemikiran orang sampah itu bau dan jorok, ternyata di sini (Pohuwato) sampahnya sudah hilang kesan bau dan jorok. Bahkan sudah lebih ke industri bisnis, saya pribadi mengapresiasi ini, saya juga mohon doa semoga hal-hal seperti ini bisa kita terapkan di Kabupaten Tolitoli,” pungkas Wabup Tolitoli.

Exit mobile version