Wabup Merlan Apresiasi Aplikasi ‘Si Dia’

TATIYE.ID (BONEBOL) – Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) mempermudah proses pelayanan administrasi kependudukan di desa ataupun kelurahan dengan memanfaatkan Teknologi Informas, Senin (5/4/2021).

Proses pelayanan tersebut dipermudah dengan adanya aplikasi Sistem Informasi Adminduk (Si Dia) bagi petugas registrasi desa dan kelurahan.

Aplikasi ini turut mendapatkan apresiasi dari Wakil Bupati Bonebol, Merlan Uloli.

“Dalam UU Nomor 24 Tahun 2013, Bupati berkewajiban dan bertanggung jawab menyelenggarakan urusan administrasi kependudukan di daerah, maka untuk hal ini saya sangat memberikan apresiasi kepada para petugas pelayanan, ” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya inovasi layanan sistem informasi berbasis Android ini, dapat mempermudah masyarakat untuk pengurusan dokumen kependudukan.

“Jadi masyarakat tidak perlu lagi datang ke Dukcapil, cukup melalui desa dan kelurahan ataupun layanan online yang telah disediakan,” kata Merlan.

Lebih lanjut, Merlan berharap kedepan para petugas registrasi harus mendapat perhatian khusus dari semua pihak, terutama dalam fasilitas tugasnya maupun kesejahteraannya.

“Jadi kedepannya para petugas pelyananan harus mendapatkan perhatian dari semua pihak, ” Pungkas Merlan.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango, Oktavianus Rahman, mengatakan selama ini pihaknya dalam memberikan pelayanan sudah berbasis online dan melalui Whatsapp.

“Kedepan pelayanan semua sudah bisa dilakukan di desa maupun kelurahan, guna memperpendek rentang kendali dan menghemat biaya,” kata Oktavianus.

Exit mobile version