Wabup Hendra Dorong Pelayanan RS MM Dunda Terus Ditingkatkan

Wabup Hendra Hemoto, bersama Dirut RSUD. MM Dunda Limboto, Irawan Huntoyungo. Melaunching Alat kesehatan Endoskopi.

TATIYE.ID. (KABGOR) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MM Dunda Limboto melaunching alat kesehatan (Alkes) bernama Endoscopy.

Dalam launching alkes itu dihadiri langsung Wakil Bupati Gorontalo, Hendra S. Hemeto, bersama pihak RSUD MM Dunda Limboto, Kamis (08/04/2021).

Wakil Bupati Hendra berharap, dengan adanya alat Endoskop tersebut, bisa meningkatkan pelayanan RSUD Dr. M.M Dunda kepada masyarakat. Pasalnya, rumah sakit ini adalah salah satu tempat rujukan banyak pasien, yang letaknya berada di Kabupaten Gorontalo.

“Pelayanan kepada masyarakat itu harus diutamakan. Karena kalau tidak bagus, efeknya juga akan sampai kepada pemerintah,” kata dia.

Alat kesehatan Endoscopy sendiri merupakan alat yang diperuntunkan untuk mendiagnosa penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Benda ini merupakan alat kesehatan yang terbilang canggih dan baru di Provinsi Gorontalo.

Ditempat yang sama Direktur RSUD MM Dunda Limboto, Irawan Huntoyungo mengatakan Endoscopy ini merupakan alat canggih yang dipakai untuk memeriksa kesehatan saluran pencernaan.

“Jadi alat ini bisa mendeteksi setiap gangguan pecernaan yang ada didalam tubuh pasien,” jelas Irawan.

Irawan juga mengatakan, ada alat yang hampir mirip dengan Endoscopy, namanya Kolonoscopy. Perbedaan dari kedua alat ini terletak pada efektifitas alat tersebut. Jika Kolonoscopy hanya bisa digunakan melalui saluran pembuangan sampai keatas, sedangkan Endoscopy dapat melakukannya dari atas sampai kebawah atau sebaliknya.

Setelah 12 tahun menggunakan alat Endoskopi yang lama, hari ini mulai dioperasikan alat yg baru dengan beberapa keunggulan dengan teknologi terbaru seperti Dual focus, RIT (Responsive insertion technology), Enhanced Image Quality, Scope guide dan NBI (Narrow Band Imaging).

Teknologi NBI ini sudah bisa membedakan tumor, apakah jenis jinak atau tumor jenis ganas, sehingga sangat membantu dokter untuk melakukan tindakan selanjutnya seperti operasi dan hal lainnya.

Irawan berharap, dengan adanya alat Endoscopy di RSUD MM Dunda Limboto dapat membuat masyarakat yang ingin berobat tidak perlu jauh-jauh ke RS lain, karena di RSUD MM Dunda Limboto sendiri sudah memiliki alat tersebut.

“Semoga dengan adanya alat ini pelayanan kepada masyarakat dapat lebih dimaksimalkan,” tutup Irawan. (**)

Exit mobile version