Vaksinasi Covid Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo 

TATIYE.ID (OPINI) – Keberadaan vaksin di Gorontalo sudah bisa dipastikan dapat mengembalikan pertumbuhan ekonomi daerah.

Saat ini terlihat jelas arah perputaran ekonomi daerah yang semakin bergerak positif, berdasar aktivitas jual beli masyarakat saat ini, meskipun barang kebutuhan primer ataupun sekunder harganya tengah melambung tinggi.

Kendati demikian masyarakat tetap antusias dalam melakukan aktivitas jual beli barang ataupun jasa, terlebih di saat bulan Ramadhan krmarin daya beli dan perilaku konsumsi masyarakat sangat meningkat terlihat di pusat – pusat perbelanjaan pasar tradisional ataupun online.

Bertolak belakang dengan situasi dan kondisi pada tahun kemarin dimana kegiatan perekonomian seakan mati suri sehingga berakibat terhadap lesunya ekonomi daerah.

Saat ini dengan keberadaan vaksin, masyarakat dapat melakukan aktivitas ekonomi seperti pada periode normal sehingga berdampak terhadap meningkatnya konsumsi masyarakat itu sendiri. Seperti halnya yang dikemukakan oleh Deputi Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator ( Kemenko ) Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir mengatakan bahwa keberadaan vaksin bisa dipastikan dapat mengembalikan perekonomian Indonesia ke arah positif pada tahun 2021 ini.

Sejalan dengan pernyataan itu hal yang sama terjadi dengan pertumbuhan perekonomian di Gorontalo yang diprediksi akan semakin meningkat disebabkan oleh banyaknya masyarakat yang dengan sadar diri telah bersedia divaksin oleh tenaga kesehatan yang saat ini sudah sebagian besar di vaksin tahap 1 dan tahap 2.

Jadi, vaksin bukan saja diberikan pada para pelayan publik akan tetapi sudah hampir merata diberikan pada masyarakat berkat keinginan dari masyarakat itu sendiri yang melawan n memberantas virus covid-19.

Geliat pertumbuhan ekonomi di provinsi gorontalo pada umumnya dan di daerah kabupaten/kota sudah sangat signifikan meskipun masih dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Penulis: Dr. Frahmawati Bumulo, SE, M.Si

Exit mobile version