Upaya Pemkab Gorut Dalam Menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

TATIYE.ID (GORUT) – Tahun 2020 Gorontalo Utara merupakan salah satu daerah dengan angka tertinggi kematian ibu. Karena itu perlu langkah seriusi dalam mengatasi masalah tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin usai mengikuti rapat koordinasi lintas sektor terkait menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta meningkatkan cakupan ASI ekslusif, Selasa (13/07/2021).

Menurut Indra Yasin, untuk mengendalikan angka kematian ibu dan bayi pihaknya meminta agar ibu hamil lakukan pemeriksaan rutin di Puskesmas terdekat.

“Setiap ibu hamil saya meminta agar melakukan pemeriksaan secara rutin di setiap puskesmas atau rumah sakit terdekat. Sehingga dengan demikian perkembangan bayi atau ibu hamil bisa dikendalikan,” kata Indra.

Ia menambahkan upaya pemerintah dalam mengatasi hal tersebut diantaranya menambah dan memperbaiki fasilitas kesehatan untuk lebih memaksimalkan pelayanan pada para ibu hamil.

“Saat ini Puskesmas kita ada yang sementara dibangun. Ditambah lagi dengan rumah sakit juga akan di perbaiki. Sekarang ini saja kita telah memiliki ruang khusus bayi maupun ibu yang melahirkan,” tandasnya.

Exit mobile version