
TATIYE.ID (GORONTALO) – Kalau bisa mudah kenapa harus dipersulit. Slogan jadul tentang birokrasi ini pastinya masih terngiang di benak kita. Bagaimana tidak, selama ini birokrasi kerap diidentikkan dengan pelayanan lama, berbelit dan harus pakai pelicin jika ingin lancar.
Menjawab hal itu, Kepala BKD Provinsi Gorontalo Zukri Surotinojo mengaku memiliki cara tersendiri untuk mewujudkan pelayanan yang efektif dan efisien. Caranya melalui digitalisasi birokrasi.
“Jalannya birokrasi itu harus sudah beralih kepada digitalisasi, jadi digitalisasi itu sudah sangat penting dalam rangka memberikan pelayanan yang baik efektif dan efisien kepada masyarakat,” kata Zukri saat membuka Bimtek Aplikasi SimASN di Aula BKD Provinsi Gorontalo, Senin (30/05/2022).
Ia mencontohkan seperti di BKD, dimana pihaknya kini sedang mengembangkan satu platform bernama SimASN yang dapat digunakan oleh seluruh ASN di lingkup Pemprov Gorontalo untuk mengakses berbagai layanan kepegawaian. Seperti kenaikan pangkat, mutasi, kenaikan gaji berkala, cuti, hingga pensiun.
Nantinya dengan aplikasi tersebut, tidak ada lagi pegawai yang harus kerepotan mengurus layanan kepegawaiannya. Bahkan, Zukri menilai dengan keberadaan platform digital SimASN akan mencegah ruang transaksional dalam birokrasi.
“Tentu dengan sistem seperti ini maka terkait layanan dapat memproteksi ruang-ruang transaksi yang sesungguhnya kita hindari sejak lama. Artinya tidak ada lagi layanan yang harus ada transaksi yang melanggar tentunya,” tuturnya.
Dengan begitu, Zukri berharap ASN dapat fokus dan maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Kita berupaya menutup ruang transaksi yang ada agar supaya pegawai betul-betul termotivasi bekerja menjalankan tugas fungsinya, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat karena itu tugas utama ASN
Zukri Surotinojo, Kepala BKD Provinsi Gorontalo