Tonny Uloli Tunaikan Janjinya, Kirim Putra Gorontalo di Pesantren Nuu Waar AFKN Bekasi

TATIYE. ID (GORONTALO) – Pengusaha nasional asal Gorontalo, H. Tonny Uloli, SE, MM, punya niatan yang sangat mulia yakni menyekolahkan 100 putra Gorontalo di Pondok Tahfidz Qur’an Nuu Waar Al Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN) yang ada di Bekasi Jawa Barat.

Senin (6/6/2022), dua santri yang bakal menimba ilmu di Pesantren yang didirikan oleh Kyai Fadlan Gamaratan ini, diberangkatkan langsung menuju Bekasi. Kedua santri tersebut adalah Mohammad Faruq Bau dan Rahmatul Akbar. Faruq adalah lulusan SD di Botupingge, sementara Rahmat dari Tilamuta.

“Pak Tonny membuka kesempatan kepada 25 calon santri untuk dikirim ke Bekasi. Sayangnya kami hanya punya waktu satu bulan untuk mencari calon santri, karena pondok AFKN Bekasi segera melaksanakan pembelajaran tahun ajaran 2022. Meski Waktunya sangat singkat, alhamdulillah yang sempat mendaftar ada sebanyak 18 santri. Namun yang bisa dikirim ternyata hanya dua santri, ” Jelas Irfan Mahmud, salah satu Timses Tonny Uloli yang ditugaskan menjalankan program ini.

Irfan menambahkan, 18 santri yang mendaftar, 6 di antaranya gugur karena mendaftar untuk tingkat Madrasah Aliyah, semntara Pesantren AFKN hanya menerima level Madrasah Tsanawiyah atau MTs. Selain itu, ada 10 lulusan SD yang mendaftarkan diri, tapi mengundurkan diri dengan berbagai alasan, di antaranya alasan orang tua terutama ibunya yang sulit berpisah dengan anaknya.

“Memang ada 16 calon santri yang batal diberangkatkan ke Bekasi. Tapi karena program ini sudah menjadi janji dari Pak Tonny, maka beliau tetap berangkatkan kedua anak ini. In syaa Allah tahun ajaran berikutnya, atau tahun depan program ini tetap dilanjutkan. Kami himbau kepada yang berminat, untuk mulai mempersiapkan anaknya, ” Lanjut Irfan.

Tahun depan kata Irfan, program ini akan kembali dibuka untuk lulusan SD atau Madrasah Ibtidaiyah untuk level pendidikan MTs. Rencananya, Tonny Uloli akan memberangkatkan 25 calon santri ke Pesantren Nuu Waar AFKN Bekasi. (*)

Exit mobile version