Tiba di Gorontalo, Mensos Risma Disambut Adat Mopotilolo

TATIYE.ID (GORONTALO) – Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharani tiba di Provinsi Gorontalo, kedatangan mensos Risma di Bandara Djalaludin disambut dengan adat Mopotilolo, Rabu (29/9/2022).

Seperti diketahui, Mopotilolo merupakan upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat negara yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di bumi Serambi Madinah. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Setibanya di Gorontalo, Mensos Risma langsung menuju VIP bandara lama dan disambut oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Anggota DPR RI, Idah Syahidah, Forkopimda, dan sejumlah pimpinan OPD.

Penyambutan adat mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Setibanya di ruangan VIP,  prosesi mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional.

Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Kepala BPK RI bersama rombongan selama berada di Gorontalo.

Kunjungan kerja Risma di Gorontalo dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama, Mensos akan menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir di Kelurahan Kayu Bulan, Kecamatan Limboto, dan di Desa Buhu, Kecamatan Talaga Jaya, Kabupaten Gorontalo. 

Di hari kedua, Kamis (30/9/2021), Mensos diagendakan untuk menghadiri kegiatan pemadanan data PKH, BST, dan BPNT, serta menyerahkan bantuan Atensi, graduasi PKH, kewirausahaan, dan Atensi anak yatim/piatu. (Adv)

Exit mobile version