Terkait Peningkatan SDM, Pengadilan Tinggi Agama Teken MoU dengan IAIN Sultan Amai Gorontalo

Penandatanganan MoU oleh Pengadilan Tinggi Agama dengan Kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo.

TATIYE.ID (GORONTALO) – Pengadilan Tinggi Agama Gorontalo bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, menjalin kerja sama dengan IAIN Sultan Amai Gorontalo, Selasa (23/02/2021)

Perjanjian kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama itu bertujuan dalam rangka mewujudkan visi Pengadilan Tinggi Agama dalam pengembangan SDM, baik dibidang pendidikan hukum, penelitian, dan bantuan hukum.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Dr. Drs. Izzudin Hm, S.H., M.H., saat diwawancarai di ruang kerjanya mengatakan, perjanjian kerja sama yang digelar di kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo itu sangat penting dan bermanfaat dilaksanakan dalam rangka meningkatkan SDM bagi aparat peradilan dilingkungan Pengadilan Tinggi Agama.

“Ini merupakan suatu keniscayaan bagi peradilan dan lembaga pendidikan. Di peradilan sendiri ada yang namanya Pos Bantuan Hukum (Posbakum). Sementara di lembaga pendidikan ada yang namanya bantuan hukum. Nah, atas dasar itu, kami mencoba mengadakan MOU dengan IAIN Sultan Amai Gorontalo dalam rangka meningkatkan SDM bagi aparat peradilan,” ujarnya.

Lanjut katanya, di Provinsi Gorontalo sendiri terdapat ada enam peradilan agama. Atas dasar tersebut kata dia, pihaknya mencoba membangun kerja sama dengan pihak terkait, untuk lebih memaksimalkan pelaksanaan tugas peradilan, khususnya pada Posbakum.

“Di samping itu nantinya aparat peradilan ini bisa meningkatkan SDM nya dengan melanjutkan jenjang pendidikan S-2 di Kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo. Karena berhubung para peradilan di kami itu rata-rata masih S1…,”

“Untuk itu, melalui bentuk kerja sama ini dapat memudahkan mereka dalam meneruskan karir ke jenjang S-2. Selain itu, dari pihak kampus juga sering turun melakukan penelitian yang berkaitan dengan produk peradilan. Lewat penelitian itu kami juga akan memberikan akses ke mereka,” katanya.

Untuk melakukan bentuk kerja sama ini kata dia, pihaknya tidak hanya terfokus pada lembaga pendidikan. Namun akan dilakukan dengan pemerintah provinsi dan pihak kepolisian dalam hal ini Polda Gorontalo.

“Bentuk kerja sama ini masih sementara kami komunikasikan dengan pihak pemerintah Provinsi dan Polda Gorontalo. Insha Allah dalam waktu dekat, bentuk kerja sama ini akan segera terlaksana sesuai harapan,” tutupnya. (*)

Exit mobile version