Terima Kirab Bendera, Sekda Ismail Juga Ikut Pengibaran Bendera Pataka 23 Januari

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Selasa (31/1/2023) selain menerima secara langsung Kirab Bendera Patakan 23 Januari, Sekretaris Daerah (Sekda) Ismail Madjid juga ikut langsung mengikuti prosesi pengibaran bendera yang di pusatkan di Kantor Pos Gorontalo.

Sebelum menerima pasukan Kirab Bendera Pataka, acara diawali dengan penerimaan Baju Laskar Merah Putih kepada Sekda Ismail Madjid. Selanjutnya dalam sambutannya, Ismail Madjid mengatakan, peristiwa 23 Januari ini, telah memberikan ispirasi bagi para tokoh dan masyarakat Gorontalo untuk menjadikan Gorontalo menjadi satu daerah otonomi baru.

“Kami Pemerintah Kota Gorontalo mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pasukan Laskar Merah Putih yang telah mengambil bagian dalam memperingati Hari Patriotik 23 Januari 1942. Karena memang 23 Januari ini perlu kita peringati dan hargai, sebab 23 Januari ini adalah peristiwa yang cukup heroik, peristiwa yang cukup membanggakan bagi masyarakat Gorontalo,” kata Ismail Madjid.

“Tiga tahun sebelum Indonesia merdeka, para pejuang kita di bawah kepemimpinan Pak Nani Wartabone, telah memproklamirkan bangsa ini yang ada di Gorontalo, untuk merdeka bebas dari penjajahan dengan mengibarkan Bendera Merah Putih dan lagu kebangsaan Indonesia Raya,” lanjutnya.

Usai penerimaan Kirab Bendera Pataka ini, kemudian dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih di Kantor Pos Gorontalo yang merupakan tempat bersejarah sebagai saksi proklamasi pada 1942 silam. Dimana bendera dikibarkan tepat di atas tugu yang ada di halaman depan kantor pos, dan dengan tata cara yang sama sebagaimana pada peristiwa 23 Januari.

“Perjuangan-perjuangan Inilah yang patut kita tiru untuk menjadi inspirasi, kebanggan dan motivasi bagi kita semua, terlebih untuk menciptakan generasi unggul untuk Gorontalo yang lebih baik ke depan,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version