Terima Audiensi Ikatan Arsitek Indonesia, Bupati Saipul Siap Beri Dukungan

TATIYE.ID (POHUWATO) – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga menerima kunjungan dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi Gorontalo di Rumah Dinas Bupati, Jum’at (4/11/2022).

Bupati Saipul menyambut baik kunjungan audensi dari IAI Provinsi Gorontalo di Kabupaten Pohuwato.

“Sebelumnya kami sampaikan selamat kepada Ketua IAI Provinsi Gorontalo yang terpilih, semoga amanah ini dapat dilaksanakan dengan baik,” ungkap bupati.

Disisi lain bupati berharap agar IAI Provinsi Gorontalo dapat bekerja dengan baik terutama profesinya yang mewakili arsitek Indonesia di dalam dan di luar negeri termasuk bagaimana pembangunan gedung yang ada di Kabupaten Pohuwato.

“Terima kasih atas kunjungan audensinya, semoga apa yang menjadi tujuan utama dari IAI itu sendiri bisa tercapai. Kamipun sangat mendukung tugas-tugas dari IAI itu sendiri terutama di Kabupaten Pohuwato,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Arsitek Provinsi Gorontalo, Yohanes P. Erik A menjelaskan bahwa kunjungan kali ini ke Pohuwato dalam rangka audensi terkait dengan IAI Provinsi Gorontalo yang sudah ada atau sudah terbentuk kepengurusan baru periode 2022-2025.

Menurut Yohanes, tujuan kedatangan ke Pemda Pohuwato selain silaturahmi juga untuk penyamaan persepsi terkait dengan Undang-Undang Arsitek Nomor 6 tahun 2017 dan PP 15 tahun 2021. Karena dengan adanya UU Cipta Kerja dimana salah satunya poin pentingnya terkait dengan persetujuan bangunan gedung.

“Ya, disitu juga terkait dengan PPIG atau yang dulu IMB, lalu ada SLN, lisensi dan tim profesi ahli. Ini juga terkait peran arsitek di Pohuwato, kedepan itu akan menjadi penanggungjawab dalam pembangunan gedung. Setiap pembangunan gedung di kabupaten/kota itu menjadi ranah dari profesi arsitek,” pungkasnya.

Exit mobile version