Tepati Janji Politik HPMU, Ini 11 Kewenangan Wabup Merlan

Foto istimewa

TATIYE.ID (BONEBOL) – Dengan terpilihnya Hamim Pou – Merlan Uloli (HPMU), sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango periode 2021-2024, tentunya masyarakat ingin Hamim-Merlan mewujudkan janji politik pada masa kampanye kemarin.

Visi misi dan program pasangan ini memang cukup menarik, apa lagi jika terbukti. Pasalnya jika terbukti bisa dipastikan ‘Bonebol 2x lebih baik’, demikian sepenggal lirik dari lagu HPMU.

Jauh sebelum pesta demokrasi 2020 kemarin, Hamim Pou telah menjadi sosok yang penting di Bone Bolango. Pembangunan infrastruktur, meningkatkan SDM, mensejahterakan rakyat, pelayanan yang bermutu, dan masih banyak lagi yang telah dicapai oleh pria yang dianugerahi gelar kehormatan adat (pulanga) Tauwa Lo Lingguwa.

Setelah terpilih dan dilantik kembali oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie atas nama Presiden, Hamim kembali menjabat sebagai Bupati didampingi Merlan Uloli sebagai Wakilnya dipemerintahan.

Tugas Merlan sebagai Wabup Bonebol terbilang berat dan itu tetap dilakukan dalam mewujudkan janjinya di kampanye kemarin.
Saat melakukan apel perdana di halaman mall pelayanan publik (MPP) Hamim membeberkan 11 kewenangan Merlan Uloli pada Jumat (26/2/2021) kemarin.

Berikut 11 kewenangan Merlan sebagai Wakil Bupati Bone Bolango:

1. Penegakan ketertiban umum
2. Penertiban perizinan dan pengaturan tata ruang wilayah.
3. Perlindungan perempuan dan anak dan pengarusutamaan gender.
4. Pengawasan penyelenggaraan percepatan konsepsi stunting.
5. Pemantauan kebersihan dan keindahan tata kota.
6. Penegakkan disiplin ASN.
7. Tenaga Kontrak dan Aparat Desa.
8. Pengawasan dan tata kelola aset daerah, 9. Penajaman dalam peningkatan PAD
10. perjanjian dan kerja sama.
11. Pengawasan capaian kinerja makro kepala daerah yang meliputi SAKIP, LPPD, Kemiskinan, Kota Layak Anak, Kota Kreatif, dan WTP.

“Saya memutuskan untuk mendelegasikan banyak tugas dan wewenang Bupati kepada Wakil Bupati untuk percepatan pembangunan dan realisasi visi misi 5 tahun yang akan datang,”kata Hamim.

Exit mobile version