Tekankan Kedisiplinan ASN, Wabup Merlan: Saya Ingatkan Sampai Bapak-Ibu Bosan

TATIYE.ID (BONEBOL) – Wakil Bupati Bone Bolango menyatakan bahwa menjadi pimpinan harus dapat menjadi teladan dan contoh bagi bawahannya. Hal ini ia sampaikan saat apel kerja di lingkungan Pemkab Bone Bolango di halaman kantor bupati, Senin (29/3/2021).

“Pimpinan itu harus menjadi teladan dan contoh, serta memberikan arahan kepada yang dipimpinnya dalam hal ini bawahannya. Jangan berharap staf akan lebih baik kalau pimpinannya sendiri belum disiplin,” kata Merlan.

Salah satu contoh keteladanan yang sederhana adalah menyangkut kedisiplinan dalam kerja yaitu datang dan pulang tepat waktu.

“Terus kalau ada ASN yang merasa bahwa 07.30 itu adalah pekerjaan yang menyiksa maupun aturan yang menyiksa, saya mempertanyakan komitmen kita menjadi ASN,” ujarnya.

Bahkan ia mengingatkan ASN yang tidak pernah mengindahkan dan semaunya sendiri dalam menjalankan peraturan. Untuk itu, Merlan mengajak seluruh ASN untuk meninggalkan kebiasaan tersebut dan mengubahnya dengan budaya kerja yang baru.

”Saya tidak pernah berhenti untuk mengingatkan ini, sampai bapak dan ibu bosan. Tapi kewajiban saya untuk terus mengingatkan. Kalau apel kerja saja, jam masuk dan pulang kantor saja kita tidak disiplin, bagaimana kita melaksanakan tugas-tugas lainnya,”tegas Merlan.

Dengan demikian, menjadi pimpinan itu tidak mudah karena harus membawahi staf yang di dalamnya banyak beragam karakter dan perilaku staf.

”Tugasnya pimpinan adalah merangkul semua bawahannya, demi kepentingan OPD itu sendiri,” pungkasnya.

Exit mobile version