Target Lolos ke PON Aceh-Sumut, Persiapan Pra PON Terus Dimatangkan

TATIYE.ID (SPORT) – Dengan mengusung target lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut tahun depan, Pengprov Percasi Gorontalo terus mematangkan persiapan para atletnya. Pasalnya pada perhelatan Pra Kualifikasi PON bulan Agustus di Palu, Sulawesi Tengah, Percasi Gorontalo target loloskan nomor beregu dan perorangan.

Ketua Pengprov Percasi Gorontalo, Safrin Saifi mengaku sebelumnya Pengprov telah membentuk tim Seleksi atlet dan tim seleksi telah melakukan dua tahap seleksi. Dimana seleksi tahap pertama dilaksanakan di kabupaten Pohuwato dan tahap kedua dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo. Para peserta seleksi sendiri yakni mereka yang meraih medali pada pelaksanaan Porprov tahun kemarin yang kurang lebih berjumlah 31 orang.

“Jadi mereka kita undang ke Pohuwato untuk melakukan seleksi tahap pertama, dari sana lahirlah 14 atlet yang kemudian 14 atlet itu kita bawa ke seleksi tahap dua di Kabupaten Gorontalo. Nah, di tahap kedua seleksi ini dari sana lahir 7 atlet dan kemudian kita godok lagi,” beber Safrin Saifi, Sabtu (27/5/2023).

Sebelumnya ungkap Safrin, Pengprov Percasi Gorontalo juga sudah meminta kepada seluruh insan catur di Provinsi Gorontalo bahkan seluruh peserta pada saat itu terkait wild card.

“Jadi kami meeting untuk menentukan wild card. Dimana Pengprov memiliki hak secara prerogatif untuk menentukan atlet yang akan dimainkan tanpa melalui tahap seleksi untuk memperkuat tim Pra PON itu sendiri. Nah kemudian dari sana kita akan melengkapi kuota tim,” terang Safrin.

Tambah Safrin, setelah kita dapatkan hasil seleksi tujuh orang itu, maka semaunya diajak untuk memperkuat tim dan Pengprov Percasi mengeluarkan SK-nya secara resmi. Sebelumnya, kita melakukan seleksi berdasarkan beberapa bobot juga ada beberapa aspirasi yang berkembang maka inspirasi itu di tampung dan diakomodir.

“Hari ini kita sudah ajak semuanya sembari kita akan melihat peta kekuatan baik serta secara internal maupun peta kekuatan secara eksternal. Insyaallah pelaksanaan Pra PON ini yang akan dilaksanakan di Sulawesi Tengah sekitar bulan Agustus, kita masih punya persiapan kurang lebih 2 bulan untuk melaksanakan persiapan-persiapan,” tambahnya.

Sebagai informasi, Pra PON tahun ini ada dua nomor yang diperlombakan yakni nomor beregu dan perorangan. Untuk beregu kuotanya adalah 5 atlet kemudian perorangan itu kuotanya satu. Untuk catur juga menggunakan zona kualifikasi dan Gorontalo masuk di zona Sulawesi yang akan saling bersaing dengan Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah sebagai tuan rumah, Sulawesi Utara dan Gorontalo.

“Dari dua nomor perlombaan nanti itu masing-masing memperebutkan satu tiket lolos ke PON Aceh-Sumut,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version