Tampil Perdana Di SEA Games, Eva Raih Medali Perak

TATIYE.ID (SPORT) – Prestasi kembali diraih atlet Taekwondo Gorontalo, Silvana Lamanda. Tampil perdana di SEA Games Vietnam 2022, atlet yang akrab disapa Eva tersebut berhasil menyumbangkan medali perak setelah harus menelan kekalahan dari atlet tuan rumah Vietnam Thi Kiem Bac.

Sebelumnya medali perak juga sukses diraih Eva pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua. Kini, di SEA Games Vietnam atlet asal Kabupaten Pohuwato tersebut meraih medali perak usai turun di nomor Kyorugi 67 Kg.

Meski hanya berhasil meraih medali perak, namun pencapaian Eva sudah sangat luar biasa di debut perdananya. Apalagi atlet tuan rumah yang dihadapi di babak final merupakan juara bertahan atau peraih emas di Sea Games dua tahun lalu.

“Bagi saya pencapaian Eva sudah sangat luar biasa di debut perdananya tampil di ajang sekelas Vietnam. Buktinya, di Semifinal, ia berhasil mengalahkan atlet Filipina Laila Delo yang merupakan peraih medali perak di Sea Games sebelumnya,” kata pelatih Eva di PPLP Gorontalo, Januar Budiman Lahay, Rabu (18/05/2022).

Ungkapan syukur dan apresiasi juga disampaikan Sekretaris Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Indonesia (TI) Gorontalo, Mohamad Nasaru. Baginya Eva merupakan atlet potensial yang terbilang rajin dan ulet selama latihan.

“Sebagai pengurus taekwondo Indonesia Gorontalo kami sangat bangga dengan apa yang barusan dicapai Eva. Ini juga menjadi apresiasi tersendiri kami karena sepanjang taekwondo Gorontalo ada, ini kali pertama atlet taekwondo Gorontalo bisa memperkuat timnas dan tampil di ajang sekelas SEA Games,” ungkap Mohamad Nasaru yang dihubungi tatiye.id Rabu (18/05/2022).

Mohamad Nasaru juga menambahkan, kesuksesan Eva harus menjadi motivasi atlet taekwondo Gorontalo lainnya untuk bisa berlatih lebih giat lagi jika ingin meraih sukses. Sosok yang juga penyandang sabuk hitam taekwondo ini juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung sekaligus mendoakan yang terbaik bagi Eva.

“Harapan kami sukses Eva sudah ini bisa jadi motivasi semua atlet taekwondo Gorontalo dan tentunya tidak lupa ucapan terimakasih saya sampaikan mewakili Eva dan tim pelatih atas seluruh dukungan dan doa yang diberikan selama ini baik mulai persiapan atau TC hingga saat berjuang bersama timnas Taekwondo Indonesia di SEA Games,” tandasnya.

Sementara itu terpisah Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Gorontalo, MN. H. Fikram AZ Salilama, S.Ip juga memberikan apresiasi atas pencapaian Eva pada ajang Sea Games Vietnam 2022 ini.

“Sejak sukses meraih medali perak di PON Papua tahun lalu saya melihat potensi dari Eva yang cukup besar. Dan terbukti di SEA Games Vietnam kembali ia membuktikan itu. Dan ini patut diapresiasi sebab kembali nama Provinsi Gorontalo bergema di tingkat nasional maupun Asia,” ujarnya. (*)

Exit mobile version