Tahun Ini Target Predikat Kota Gorontalo Naik Menjadi KLA Madya

Foto bersama Walikota Gorontalo bersama peserta pelatihan Pengisian Indikator penilaian Kota Layak anak di Ball Room Hotel Grand Q,Kamis(16/02/2023). (foto; humas)

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Setelah memenuhi enam indikator atau kriteria sebuah daerah dinobatkan sebagai Kota Layak Anak(KLA)akirnya Kota Gorontalo ditetapkan sebagai KLA tingkat pratama.Bahkan saat ini Pemerintah Kota Gorontalo tengah mempersiapkan segala yang dibutuhkan guna meningkatkan predikat menjadi KLA Madya.

Adapun enam indikator yang sukses menjadikan Pemerintah Kota Gorontalo layak dinyatakan sebagai Kota layak Anak tingkat Pratama yakni, Penguatan Kelembagaan, Hak Sipil dan Kebebasan, Hak lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Hak Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, Hak pendidikan dan Kegiatan Seni Budaya serta Hak perlindungan Khusus.

Dalam sambutannya pada kegiatan pelatihan Pengisian Indikator penilaian Kota Layak anak di Ball Room Hotel Grand Q,Kamis(16/02/2023), Wali Kota Gorontalo Marten Taha mengatakan,pada dasarnya Kota Layak Anak ini bukan hanya sekedar mengejar selogan, tetapi yang terpenting pemerintah wajib memberikan pendampingan, perlindungan sekaligus memenuhi hak Anak itu sendiri.

Lanjutnya, sinergitas antara Pemerintah Daerah, masyarakat, Dunia usaha dan seluruh komponen untuk mewujudkan Kota layak Anak, harus terbangun dengan komitmen yang kuat dalam memberikan perlindungan terhadap hak-hak anak.Dan jika seluruh hak Anak ini terpenuhi maka kelak mereka akan menjadi anak yang produktif, berguna bagi Bangsa dan Negara serta Daerah.

“perlindungan anak ini penting skali bagi kita, mereka ini adalah generasi penerus dimasa yang akan datang sehingga harus dipersiapkan mulai saat ini, karena merekalah yang akan mengisi kekosongan setelah generasi yang ada saat ini, menjadi tenaga yang produktif yang mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan,” kata Marten Taha.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(DPPKBP3A) Kota Gorontalo, Eladona Sidiki menegaskan komitmennya dalam upaya menaikkan status Kota Gorontalo dari pratama hingga utama.

“tahun 2023 ini kami dari OPD penanggungjawab kita mempunyai target untuk peningkatan lebih baik, jadi tahun ini target kita raih katagori KLA Madya,” terangnya.

Eladona juga Optimis Kota Gorontalo akan naik level dari Pratama mejadi madya, apalagi seluruh kriteria menjadi Kota Layak Anak Madya telah terpenuhi.

“Sarana dan Prasarana penunjang seperti di tingkat satuan Pendidikan dan Pelayanan Publik telah memenuhi standar bahkan salah satu instansi Vertikal dinilai memenuhi syarat sebagai Instasi ramah Anak,” pungkasnya.(*)

Exit mobile version