Tahun 2022, Dinas PMPTSP Provinsi Gorontalo Raih Penilaian Tertinggi dari Ombudsman

TATIYE.ID (GORONTALO) – Kinerja Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi Gorontalo tahun 2022 tampaknya patut mendapatkan apresiasi. Capaian kinerja dimaksud adalah sesuai dengan penilaian yang dilakukan oleh Ombudsman Perwakilan Gorontalo.

Berdasarkan hasil nilai kepatuhan pemerintah pusat dan pemerintah daerah tahun 2021 untuk Pemerintah Provinsi Gorontalo periode observasi, 28 Juni – 31 Desember 2021 yang dirilis pada tanggal 7 Februari 2022 dengan tiga unit layanan yang menjadi fokus evaluasi yakni Dinas Kesehatan, Dinas PM-PTSP dan Dinas Pendidikan Provinsi Gorontalo, Provinsi Gorontalo memperoleh nilai rata-rata 67,58 dengan zona kepatuhan sedang (kuning).

Sebagai bentuk inovasi pengawasan pelayanan publik, pada tahun 2022 Ombudsman melakukan penyempurnaan penilaian penyelenggaraan pelayanan publik. Dimana pada tahun ini penilaian diperluas kepada pengukuran kompetensi penyelenggara, pemenuhan sarana dan prasarana, Standar Pelayanan serta pengelolaan pengaduan.

Semua komponen tersebut, menjadi bagian dari Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2022 termasuk Provinsi Gorontalo. Provinsi Gorontalo pada tahun 2022 memperoleh peningkatan nilai dari rata-rata 67,58 menjadi rata-rata 72,65 walaupun masih tetap dalam zona kepatuhan sedang (zona kuning).

Sementara itu, dari empat OPD yang dinilai oleh Ombudsman Perwakilan Gorontalo, Dinas PMPTSP Provinsi Gorontalo mendapat skor penilaian tertinggi yakni total nilai 87,91. (***)

Exit mobile version