Tahir Badu: Pendataan Anak Putus Sekolah Penting

TATIYE.ID (BONEBOL) – Anggota DPRD Bone Bolango, Tahir Badu berharap pemerintah daerah melalui dinas terkait bisa mendata anak putus sekolah. Hal ini bertujuan untuk memudahkan perencanaan terhadap penanganan anak putus sekolah di Bonebol.

“Pendataan ini sangat penting. Karena melalui data, kita bisa mengetahui penyebab sampai kenapa mereka putus sekolah. Sehingga bisa dicarikan solusi yang tepat” teragnya.

Lanjut Tahir, sektor pendidikan merupakan tanggung jawab bersama dalam menentukan masa depan anak. Akan tetapi, pemerintah daerah juga memiliki peranan penting untuk menyikapi hal itu.

“Saya yakin pemerintah daerah mampu melakukan hal tersebut. Apalagi dengan adanya program pendidikan gratis” katanya.

Tahir mempredikis, bahwa jumlah anak putus sekolah di daerah ini cukup banyak. Hanya saja belum diketahui jumlahnya dikarenakan belum dilakukan pendataan.

“Pendataan ini pun harus rutin dilakukan dengan cara mendatangi pemerintah desa. Ada berapa banyak anak putus sekolah. Koordinasi juga harus dijalankan dengan camat, kepala desa hingga ke tingkat bawah” jelasnya

Terakhir, Aleg Partai Gerindra itu menekankan agar program pendidikan gratis harus benar – benar menyentuh kalangan bawah. Agar minat mereka dalam menyekolahkan anak bisa terpenuhi

“Dinas terkait pun diminta untuk jemput bola dan aktif dalam memantau kondisi di lapangan, termasuk mendata dan membantu anak putus sekolah, terutama yang ada di wilayah pelosok,” tandasnya. (**)

Exit mobile version