Suleman Lakoro: HANI Ajang Satukan Kekuatan Bangsa Perangi Narkoba

TATIYE.ID (GORUT) – Badan Narkotika Nasional (BNNK) Kabupaten Gorontalo Utara menggelar peringatan puncak acara Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2022 di halaman kantor Bupati Gorut, Jumat (17/6/2022).

Acara tersebut diawali dengan senam War Drugs yang diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkup Pemda Gorut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara, Suleman Lakoro dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada jajaran BNN Provinsi Gorontalo dan BNN Kabupaten Gorut yang telah melaksanakan acara serta sosialisasi untuk masyarakat tentang bahaya narkoba.

“Kami berharap melalui momentum ini, semoga bisa menjadikan kita semua bersih dalam penyalagunaan narkoba atupun bebas dari narkoba,” ujar Suleman.

Selain itu, kata Suleman, sebelumnya Pemerintah Daerah bersama BNN telah melakukan beberapa kegiatan yang bersifat sosialisasi serta pencanangan.

“Satu bulan kemarin kami telah melaksanakan pencanangan desa bersinar yang meliputi dua desa di wilayah Kecamatan Kwandang. Sehingga kedepan kamipun dari Pemerintah Daerah sendiri berharap ini bisa berlanjut ke desa – desa lain, sehingga 123 desa tersebut dapat menjadi desa bersih dari narkoba,” ucapnya.

Lanjut Suleman, dalam mengatasi permasalahan narkoba diperlukan strategi khusus. Yaitu keseimbangan penanganan antara pendekatan penegakan hukum dan pendekatan kesehatan. Pendekatan penegakan hukum bertujuan untuk memutus mata rantai pemasok Narkoba mulai dari produsen sampai pada jaringan pengerdarnya. Sedangkan pendekatan kesehatan bertujuan untuk memutus mata rantai para pengguna Narkoba melalui perawatan atau rehabilitasi. 

Selain pendekatan penegakan hukum dan pendekatan kesehatan, lanjutnya, upaya pencegahan dan pemberdayaan masyarakat harus dioptimalkan untuk turut serta aktif dalam menanggulangi permasalahan Narkoba sehingga masyarakat dapat terlindung dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. (*)

Exit mobile version