Silvana Kunci Pra PON Taekwondo Dengan Medali Emas

TATIYE.ID (SPORT) – Taekwondoin Gorontalo, Silvana Lamanda yang tampil terakhir pada babak kualifikasi PON XXI sukses memberikan prestasi terbaiknya dengan raihan medali emas kyurugi puteri kelas Under 62kg.

Sebelumnya tiga atlet lainnya sukses meraih tiket lolos ke PON XXI Aceh-Sumut yakni Moh. Iqbal Mootalu di kelas under 54kg putera. Selanjutnya Siti Rahmatia Mootalu berhasil memastikan diri lolos juga usai meraih medali perunggu di kelas under 49kg puteri. Kemudian
Al Alim taekwondoin yang turun di kelas under 58kg juga berhasil mengamankan tiket lolos ke PON usai masuk peringkat delapan besar terbaik.

“Dan tiket terakhir taekwondo Gorontalo dipersembahkan Silvana Lamanda sekaligus meraih medali emas usai mengalahkan rivalnya saat PON XX Papua lalu asal Jawa Tengah,” ujar ketua harian Pengprov TI Gorontalo, Master Ramli, Senin (30/10/2023).

Sang pelatih Januar Budiman Lahay yang dimintai komentarnya usai sukses meloloskan empat atlet ke PON XXI tahun depan mengaku sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat Gorontalo, pemerintah Provinsi Gorontalo, KONI Provinsi, Dispora Provinsi, Pengprov TI Gorontalo dan para orang tua atas doa dukungan selama ini.

“Sukses ini tidak lepas dari doa dukungan yang diberikan semua masyarakat Gorontalo, termasuk pemerintah provinsi, KONI, Dispora, Pengprov TI Gorontalo dan semua elemen taekwondo Gorontalo,” ujar sosok yang akrab disapa Master Didit tersebut.

Ketua Pengprov TI Gorontalo, Irwan Mamesah juga mengucapkan terima kasih kepada para atlet, pelatih dan official tim yang sudah berjuang dengan penuh semangat hingga akhirnya taekwondo Gorontalo berhasil meloloskan empat orang atlet ke PON tahun depan.

“Ini adalah sebuah pencapaian prestasi terbaik taekwondo Gorontalo yang untuk pertama kali meloloskan empat orang atlet ke ajang PON. Olehnya saya sangat mengapresiasi sekaligus mendoakan agar di PON XXI nanti taekwondo dapat kembali mempersembahkan medali bagi Gorontalo,” harap sosok yang juga Aleg DPRD Provinsi Gorontalo itu.

Sebagai informasi, taekwondo Gorontalo berada di posisi 6 klasemen medali Pra PON dengan torehan 1 medali emas, dan 2 medali perunggu. Gorontalo dan Banten sendiri meraih jumlah medali yang sama serta berada dibawah Jabar, Jateng, DKI Jakarta dan Jatim. (*)

Exit mobile version