Si KOPINO Jadi Maskot Pilkada Bone Bolango 2020

Tatiye.id (Bone Bolango)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango  menetapkan Si KOPINO sebagai maskot dan ikon Pilkada Bone Bolango 2020 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Bone Bolango pada acara peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango Tahun 2020 yang bertempat  di Center Point, Minggu (3/11).

Dipilihnya Si KOPINO sebagai maskot Pilkada Bone Bolango 2020, Setelah melihat Kopi Pinogu merupakan kopi organik produk lokal di dataran tinggi Bone Bolango, tepatnya di kecamatan Pinogu, Olehnya pihaknya menggabungkan kata Kopi Pinogu menjadi Si KOPINO, Selain itu KOPINO juga bermakna Kepastian hukum, Objektif, Profesional, Integritas, Netral, dan Optimis.

” Kopino adalah penggabungan dari Kopi Pinogu, elain itu KOPINO juga bermakna Kepastian hukum, Objektif, Profesional, Integritas, Netral, dan Optimis” Ungkap Adnan Berahim. 

Lebih lanjut Ketua KPU Bone Bolango Adnan Berahim menjelaskan arti dan makna dipilihnya si Kopino sebagai Maskot Pilkada Bone Bolango 2020.


KOPINO: Gabungan dari Kopi Pinogu merupakan kopi organik produk lokal di dataran tinggi Bone Bolango, tepatnya di Kecamatan Pinogu

Payungo (Mahkota) adalah Lambang Kepemimpinan di Gorontalo

 

Logo KPU adalah Logo penyelenggara pilkada

Perhiasan Manik-Manik sebanyak 23 buah bermakna tanggal pelaksanaan Pilkada Bone Bolango yaitu 23 September 2020

Bunga 5 helai ditambah 4 segitiga = 9 bermakna bulan pelaksanaan pilkada, yaitu September

2020 adalah  Tahun pelaksanaan pilkada

Paku adalah alat kelengkapan TPS yg digunakan untuk mencoblos surat suara dlm pilkada

Surat Suara adalah penyaluran suara rakyat dalam memilih pemimpin

Dulo Ito momili adalah ajakan kpd masyarakat dlm bahasa Gorontalo utk menggunakan hak pilih pada pilkada 2020

23 September 2020 adalah hari pemungutan suara pd pilkada 2020

Ilege Liyongo adalah bahasa bonda(Bahasa Daerah Suwawa)  yang artinya JANGAN LUPA

Adnan Berahim pun menerangkan bahwasanya penetapan si KOPINO sebagai maskotm Pilkada 2020 berdasarkan hasil Konsultasi dengan Pemerintah Daerah, Tokoh Adat 

dan Tokoh Masyarakat. 

” Penentuan Kopino sebagai maskot berdasarkan hasil Konsultasi dengan Pemerintah Daerah serta Tokoh adat dan Masyarakat”Ungkapnya 

Exit mobile version