Semarak Festival Tumbilotohe di Pohuwato Berlangsung Meriah

TATIYE.ID (POHUWATO) – Secara resmi, Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga membuka semarak festival tumbilotohe, lomba beduk dan bunggo dengan tema mopootilango lipu lo pohuwato karya karang taruna olongiya, dari sipayo untuk pohuwato dari pohuwato untuk Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan sorga Desa Sipayo Kecamatan Paguat itu diawali dengan pemasangan lampu oleh Bupati Saipul didampingi Anggota DPRD Pohuwato, Ismail Samarang dan Camat Paguat, Ikbal Mbuinga, Senin, (17/4/2023).  

Terdapat sebanyak 2023 lampu yang berada di lapangan sorga. Selanjutnya dua lomba yakni festival beduk akan dimulai pada besok hari atau Selasa, 18 April, sementara lomba festival bunggo yang sudah mengikis pada anak muda dilaksanakan pada Senin malam dan disaksikan langsung bupati pohuwato usai membuka kegiatan tersebut.

Bupati Saipul Mbuinga sangat mengapresiasi dan mendukungan sebesar-besarnya kegiatan tersebut. Dimana kata bupati bahwa rakyat sekarang ini sangat membutuhkan hiburan, baik itu dalam bentuk religi maupun kegiatan-kegiatan lain.

“Bertepatan dengan kita bersama-sama melaksanakan ibadah di bulan ramadan dan mengisi amalia ramadan dan dimana dipenghujung ibadah puasa ini, yang insyaallah di 10 hari terakhir yang ditandai dengan apa yang menjadi adat istiadat kita di Provinsi Gorontalo yaitu tumbilotohe”,jelasnya.

Menurut Saipul, saat ini tumbilotohe makin semarak. Alhamdulillah, begitu semarak kegiatan ini dan insyaallah akan kita isi dengan kegiatan-kegiatan positif lainnya dalam rangka untuk kita membangun daerah kita tercinta. “Apa yang pemerintah daerah sementara galakan ini adalah apa yang menjadi visi pemerintah daerah yaitu untuk menuju masyarakat sehat, maju, dan sejahtera. Insyaallah pula lewat organisasi-organisasi yang mengembangkan kegiatan-kegiatan yang positif semoga apa yang menjadi amanah rakyat yang kami laksanakan saat ini bisa terwujud”,ungkap bupati.
Selaku pemerintah daerah, Bupati Saipul Mbuinga sekali lagi memberikan apresiasi yang besar pada karang taruna olongiya yang menggagas kegiatan pada malam ini. “Insyaallah segala amal kita selama bulan puasa dapat diterima oleh Allah dan kita tetap memperoleh kesehatan, kekuatan dan umur panjang, sehingga puasa yang tinggal menyisahkan tiga hari ini dapat kita laksanakan sampai pada perayaan hari kemenangan atau idulfitri”,pungkasnya.###

Exit mobile version