Sekertaris PTMSI; Berintegritas, Hardi Layak Pimpin KONI Kota Gorontalo

TATIYE.ID (SPORT) – Ketua DPRD Kota Gorontalo, Hardi Sidiki dianggap layak untuk memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Gorontalo. Ketua Harian Pengkot PTMSI itu selain bukan orang baru di lingkungan olahraga Gorontalo, juga dinilai memiliki kompetensi yang paling baik untuk perkembangan olahraga Kota Gorontalo ke depan.

Sekertaris Pengkot PTMSI Gorontalo, Zulkifli, menjelaskan, Hardi memiliki berbagai kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi ketua KONI. Pertama, menurutnya Hardi memiliki integritas dan etika yang baik sebagai seorang pemimpin. Dia menjelaskan, kejujuran dan sportivitas menjadi hal penting.

“Saya melihat keteladanan itu ada di Pak Hardi. Beliau berintegritas,” katanya, Jumat (02/6/2023).

“Bagaimana tidak, ini kan sangat erat dengan prinsip-prinsip olahraga,” ujarnya.

Kedua, target prestasi menjadi hal utama juga bagi siapapun pemimpin KONI Kota Gorontalo selanjutnya. Keberhasilan menjadi juara umum PORPROV tahun lalu harus dipertahankan dengan menjadi juara umum pada PORPROV 2025 mendatang.

“Tentu tidak bisa dikesampingkan, prestasi menjadi tolak ukur keberhasilan dalam memimpin KONI,” tuturnya.

Ketua KONI, tambah dia, harus menjadi teladan bagi atlet maupun pengurus di semua cabang olahraga.

“Ya, pemimpin harus menjadi teladan, harus memberi contoh tentang integritas. Kejujuran dan etika memimpin,” ujarnya.

Lebih dari itu, dia pun mewanti-wanti agar ketua KONI memiliki integritas yang tinggi karena menyangkut anggaran pembinaan yang diberikan pemerintah. Hal ini penting agar setiap rupiah yang dikeluarkan mampu berdampak terhadap prestasi atlet baik pada skala pembinaan maupun prestasi.

“Kalau mengelola anggaran tidak benar, nanti yang harusnya disalurkan untuk pembinaan, kalau tidak sampai, nanti bagaimana dengan pembinaan,” ucapnya. Dengan begitu, dia kembali memastikan faktor integritas menjadi hal utama yang harus dimiliki ketua KONI.

“Kalau urusan mampu mengelola secara profesional, semua juga bisa. Tapi dengan integritas, saya rasa belum tentu,” lanjutnya.

Sebagai informasi Musyawarah untuk kembali memilih Ketua KONI Kota Gorontalo akan dilaksanakan pada tengah bulan Juni ini. Sejumlah nama pun bermunculan untuk menjadi ketua periode 2023-2027 yang akan dipilih pada Musorkot diantaranya Hardi Sidiki, dan Anton Pakaya.(*)

Exit mobile version