Sampah di Taman Hiburan Rakyat Capai 9 Truk per Minggu? Ruten: Lebih Syukur

Foto Isal/Tatiye.id

TATIYE.ID (KABGOR) – Sampah yang ditimbulkan di taman hiburan rakyat Kabupaten Gorontalo atau disebut hoya tepatnya di taman keagungan menara Limboto mencapai 9 truk per Minggu.

Menurut pengakuan penanggungjawab taman hiburan rakyat, Ruten Triyanto sampah yang dihasilkan mencapai satu truck per hari.

“Setiap hari sampahnya itu mencapai satu truck, kalau malam Kamis dan malam Minggu itu bisa mencapai dua truck,” kata Ruten.

Kendati demikian, banyaknya sampah yang dihasilkan membuat Ruten malah bersyukur. Sebagai penanggungjawab, menurutnya semakin banyak sampah yang dihasilkan oleh taman hiburan rakyat menandakan bahwa semakin baik perputaran ekonomi di area tersebut.

“Ya lebih syukur jika banyak sampah. Ini berarti ada perputaran ekonomi disitu antara penjual dan pembeli,” lanjut pria dengan kumis tebalnya itu.

Akan tetapi, hal ini berbanding terbalik dengan apa yang dikatakan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Menurut Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan, Syarifudin Pulukadang bahwa sampah yang diangkut setiap hari di taman hiburan rakyat hanya 3 – 4 tumpukan atau tidak mencapai satu truck.

“Satu truck itu sudah mencangkup sampah dari ring satu (wilayah perkantoran) sementara di hoya itu hanya 3 sampai 4 tumpukan,” kata Syarifudin saat dikonfirmasi tatiye.id, Rabu (15/2/2023).

Syarifudin beranggapan, bahwa banyak atau tidaknya sampah di taman hiburan rakyat itu tidak menjadi masalah selama pengunjung membuang sampah pada tempatnya.

Exit mobile version