Sambut HARGANAS, Pemda Pohuwato akan Gelar Lomba Kampung KB

TATIYE.ID (POHUWATO) – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Pohuwato akan menggelar lomba kampung KB, Kamis (10/06).

Persiapan lomba HARGANAS itu dimulai dengan technical yang dibuka langsung Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa didampingi Plt. Kepala DP3AP2KB, Rusmiyati Pakaya, unsur PKK Pohuwato, dan Kepala Perwakilan BKKBN diwakili Kabid Dalduk, Zenab R. Botulo.

Dihadapan peserta yang terdiri dari Kepala Desa dan kader Penyuluh Keluarga Berencana (PKB), Wabup Suharsi Igirisa menjelaskan skema lomba dan meminta semua pihak bisa bahu membahu dalam mensukseskan program KB juga kegiatan lomba tersebut.

“Mari sukseskan program KB untuk menunjang program kampung KB, yang meliputi lansia, remaja, dan balita. Program kampung KB yang terintegrasi itu meliputi peningkatan derajat kesehatan masyrakat, kebersihan dan penataan lingkungan, penurunan angka kematian ibu dan bayi, penurunan presentase stunting dan lain-lain,” jelasnya.

“Di kampung KB tersebut semua lintas sektor masuk, contoh berupa kampung KB itu lingkungannya bersih, ramah anak, ada tempat perkumpulan dari kelompok masyarakat yang memberikan pembinaan,” imbuhnya.

Mengakhiri sambutannya, Wabup Suharsi mengapresiasi rencana pelaksanaan lomba kampung KB tersebut karena dapat menekan angka kelahiran serta kematian ibu dan bayi di Pohuwato.

“Ya, program ini sangat bagus, terintegrasi, semuanya ada di desa. Mari disosialisasikan kepada masyarakat, porgram ini bukan membatasi kelahiran, tetapi mengatur kelahiran, juga bisa menekan angka kematian ibu dan bayi,” pungkasnya.

Exit mobile version