Saipul Mbuinga Minta ASN Pahami Implementasi Pokok Pikiran pada SIPD

Bupati Saipul Mbuinga didampingi Ketua DPRD Nasir Giasi & Wakil Ketua DPRD Idris Kadji

TATIYE.ID (POHUWATO) – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga membuka sosialisasi dan implementasi penerapan pokok pikiran DPRD dalam aplikasi sistem informasi pembangunan daerah (SIPD).

Kegiatan yang berlangsung di Aryaduta Manado, Sulawesi Utara, Rabu, (3/3) itu, dihadiri Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi, Wakil Ketua, Idris Kadji dan seluruh anggota DPRD, OPD terkait serta menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri melalui virtual.

Bupati Saipul Mbuinga mengatakan bahwa SIPD adalah sebuah sistem yang akan membantu tahapan pengusulan program dan kegiatan baik yang bersumber dari musrenbang atau yang bersumber dari hasil reses DPRD.

Tak hanya itu, SIPD dilahirkan untuk membantu pemerintah dan DPRD untuk benar-benar memilih dan menyeleksi kegiatan mana dulu yang prioritas sesuai target visi dan misi yang berlaku.

“Saya katakan ini penting dan strategis karena seluruh perencanaan dan penganggaran sejak tahun ini hingga seterusnya akan menggunakan SIPD, sehingga sangat penting ada kesamaan pemahaman antara lembaga DPRD dan pemerintah daerah,” tuturnya.

Untuk itu, Saipul meminta agar kapasitas ASN yang terlibat langsung dalam SIPD ini dapat terus ditingkatkan.

Diharapkan, ke depan tidak ada lagi kendala dalam pelaksanaan tahapan penyusunan APBD yang dimulai dari penyusunan RKPD.

Exit mobile version