Saipul Mbuinga Kukuhkan Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Pohuwato

TATIYE.ID – Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga menghadiri rapat koordinasi lintas sektor yang dirangkaian dengan pengukuhan tim percepatan penurunan stunting tingkat Kabupaten Pohuwato di aula kantor camat Dengilo.

Rapat ini turut dihadiri langsung Wabup Suharsi Igirisa dan Dandim 1313 Pohuwato, Rabu, (8/6/2022).

Dalam rakor tersebut diawali dengan pengukuhan tim percepatan penurunan stunting (TPPS) yang terdiri dari Wakil Bupati Pohuwato sebagai ketua, Sekretaris Daerah sebagai wakil ketua, serta Kepala Baperlitbang, Ketua TP. PKK Pohuwato, Kadis DP3AP2KB dan dilengkapi bidang-bidang. Selanjutnya pada pengukuhan itu diikuti pula seluruh camat-camat sebagai Ketua TPPS Kecamatan.

Bupati Saipul dalam rakor tersebut membacakan pernyataan komitmen Pemda Pohuwato dalam rangka percepatan penurunan stunting yang ada di Kabupaten Pohuwato.

Disisi lain untuk penandatangaann komitmen bersama oleh pemangku kepentingan tentang pendampingan konseling dan pemeriksaan kesehatan 3 bulan pra nikah sebagai upaya pencegahan stunting dari hulu oleh Kadis Kesehatan, Kadis P3AP2KB, Kakan Kemenag, KUA se-Pohuwato dan camat se-Pohuwato serta dari unsur BKKBN Provinsi, dan diakhiri pembacaan ikrar dan komitmen bersama pemangku kepentingan dalam rangka percepatan penurunan stunting yang diwakili Camat Randangan dan KUA Dengilo.

Saipul menyatakan bahwa salah satu fokus pemerintahannya saat ini adalah pencegahan stunting, karena upaya ini bertujuan agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dalam rangka mempersiapkan generasi emas 2045.

“Penanganan kasus stunting sangat membutuhkan perhatian serta kerjasama lintas sektor melalui kolaborasi dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap bahaya dari stunting. Olehnya tim yang sudah dibentuk ini kiranya dapat bekerja maksimal dalam rangka menurunkan angka stunting di Pohuwato,” jelas Bupati Saipul.

Saipul juga berharap untuk melaksanakan pendampingan keluarga sebagai upaya percepatan penurunan stunting di tingkat desa dan kelurahan. Bupati juga berjanji akan mendukung TPPS tersebut dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.

Sebelumnya Kepala DP3AP2KB, Hamkawaty Mbuinga melaporkan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk menganalisis sebaran stunting yang terjadi di Kabupaten Pohuwato dan terintegrasinya percepatan penurunan angka stunting di Pohuwato.

Exit mobile version