Sahuti Keluhan Warganya, Saipul A. Mbuinga: Semoga Tidak Akan Kejadian Lagi

Pembuatan saluran pembuang yang ada di Desa Molosipat Utara, Kecamatan Popayato Barat disambut baik oleh warga sekitar khususnya mereka yang berada di kaki gunung. Pasalnya, bila musim penghujan tiba beberapa rumah warga bukan saja menerima air dari gunung, melainkan material berupa batu, pasir, dan kerikil masuk ke rumah-rumah penduduk.

Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut tidak terjadi lagi, maka dibuatlah saluran untuk menampung material dari gunung yang disertai air hujan. Saat ini saluran pembuang tersebut telah selesai dan ditinjau langsung Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga didampingi Plt. Kadis PU, Risdiyanto Mokodompit, Rabu, (04/01/2023).

Menurut bupati, warga yang bermukim di kaki gunung Desa Molosipat Utara sering mengeluhkan material yang masuk ke rumah mereka bila musim penghujan. Sehingga untuk mengamankan warga tersebut dibuatlah saluran yang Alhamdulillah telah disambut baik oleh warga tersebut.

Keberadaan saluran ini jelas Bupati Saipul tidak lain untuk memuluskan jalan air beserta material ke plat duiker yang selanjutnya menuju sungai. Bupati berharap agar saluran tersebut bisa dijaga dan dirawat bersama terutama kebersihannya, sehingga memudahkan air keluar bersama material dan tidak lagi masuk ke rumah warga.

Lanjut Bupati Saipul Mbuinga, drainase atau saluran ini tidak lain untuk menampung air dan material lainnya dari arah gunung. Karena keluhan dari masyarakat sekitar dimana setiap musim hujan bukan saja air yang masuk ke rumah melainkan material sekalipun.

“Ia, dengan adanya saluran ini, warga sekitar sudah tidak khawatir lagi, karena air yang disertai material lainnya sudah masuk ke saluran yang tinggi dan lebar tersebut. Kita doakan saja semoga kejadian yang lalu tidak terulang lagi dengan adanya saluran ini,” ungkap Bupati

Exit mobile version