Sah, Gorontalo Tuan Rumah Kejurnas Catur Senior-Junior Tahun 2024

TATIYE.ID (SPORT) – Perjuangan menjadikan Provinsi Gorontalo sebagai tuan rumah Kejuraan Nasional (Kejurnas) Catur senior dan junior tahun 2024 akhirnya berakhir mulus. Dari tiga daerah yang mencalonkan diri, Gorontalo akhirnya disahkan sebagai tuan rumah dengan dukungan terbanyak.

Ketua Pengrov Percasi Gorontalo, Safrin Saifi kepada awak media ini mengatakan, pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) tahun 2023 atau Rakernas Percasi ke 43 tersebut di ikuti seluruh Pengurus Percasi Provinsi se Indonesia dan berlangsung di Ruang Kerinci JXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (14/03/2023). Dimana salah satu agenda Raker yakni menetapkan tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur Senior dan Junior.

“Jadi ada tiga calon tuan rumah Kejurnas Catur 2024, yakni Gorontalo, Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Utara. Dan dari hasil raihan dukungan, kita Provinsi Gorontalo mendapat dukungan terbanyak, sekaligus oleh pimpinan sidang menetapkan Provinsi Gorontalo sebagai tempat pelaksanaan Kejuaraan Nasional ke-50 tahun 2024 mendatang,” kata Safrin Saifi, Rabu (15/3/2023).

“Alhamdulillah, misi mulia, perjuangan Pengprov Percasi Gorontalo untuk menjadikan Gorontalo sebagai tuan rumah Kejurnas Catur Ke-50 Kategori Senior/ Junior berhasil diraih dengan ditetapkannnya Gorontalo sebagai tuan rumah Kejurnas catur ke-50 seiring ditetapkannya juga Provinsi Sulut sebagai tuan rumah kejurnas junior ke-6 tahun 2024,” tambahnya.

Safrin juga menjelaskan bahwa Pengprov Percasi Gorontalo sejatinya mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam hal ini Pj. Gubernur Hamka Hendra Noer serta Ketua KONI Provinsi Gorontalo yang juga mantan Ketua Pengprov Percasi Gorontalo, Firam AZ. Salilama.

“Berkat dukungan semua pihak baik Pemprov dan KONI Provinsi akhirnya misi perjuangan Pengprov Percasi Gorontalo menjadikan Gorontalo sebagai tuan rumah Kejurnas Catur Ke-50 Katagori Senior dan Junior Alhamdulillah berhasil,” jelasnya.

Sementara terpisah, Ketua KONI Provinsi Gorontalo yang turut hadir pada Rakernas Percasi mengatakan kejurnas ini merupakan ajang bergengsi tingkat Nasional sehingga tidak serta merta pengurus Pusat menetapkan tuan rumah. Ya, selain kesiapan sarana pra sarana dan SDM, dukungan pemerintah daerah dan KONI juga harus kuat karena hal ini erat kaitannya dengan penganggaran.

“Pada intinya kami menyabut gembira atas di tetapkannya Gorontalo sebagai tuan rumah Kejurnas Percasi ini dan demi suksesnya ivent Nasional ini, kami dari KONI Provinsi Gorontalo dan tentunya juga dari Pemerintah Provinsi Gorontalo siap mendukung sepenuhnya ivent bergengsi tersebut,” ujar Fikram Salilama yang juga Master Nasional Catur tersebut.

Lanjut Fikram, pihaknya memberikan apresiasi kepada Pengurus Percasi Provinsi Gorontalo yang terus berjuang agar Kejurnas Catur tahun 2024 itu dilaksanakan di Gorontalo.

“Itulah kenapa saya hadir di Rakernas Percasi ini karena terlepas dari saya sebagai ketum KONI, saya secara pribadi dan juga sebagai pembina Percasi, olehnya saya hadir langsung sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Kejurnas catur senior di Gorontalo,” tambahnya. (*)

Exit mobile version