Rusli Janjikan Beasiswa S1 Untuk Kepala Desa se-Gorontalo

TATIYE.ID (GORONTALO) – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menjanjikan beasiswa sekolah strata 1 (S1) untuk kepala desa se-Provinsi Gorontalo. Ia menilai, beasiswa penting untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas kades dalam melayani rakyat.

Hal itu diungkapkan Rusli saat menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) di Kantor Gubernur Gorontalo, Rabu (7/7/2021).

“Saya sengaja panggil Pak Sekda. Coba lihat di APBD kita aturan-aturannya, boleh enggak kita berikan beasiswa S1 bagi kepala desa yang belum kuliah. Katanya boleh, Jadi tahun ini juga silahkan mendaftar di universitas mana saja,” ucap Rusli.

Ia cukup kagum dengan Ketua Umum APDESI Sindawa Tarang yang bergelar doktor dan memiliki dua gelar S2 di belakang namanya. Hal Ini yang menginspirasi Rusli untuk menyekolahkan kepala desa di Gorontalo.

“Kalau bisa kalian cari jurusan ilmu pemerintahan, atau ekonomi juga boleh. Sinkron dengan jabatan kalian sebagai kepala desa,” ungkapnya.

Selain pemberian beasiswa, dirinya juga menjanjikan sekretariat yang representatif bagi DPD APDESI. Kantor dilengkapi dengan petugas kebersihan dan staf sekretariat.

“Kasih saya waktu satu minggu mencari ruangan untuk sekretariat APDESI. Sekretariat akan dibiayai oleh provinsi,” jelasnya.

Diwawancarai terpisah Ketua DPD APDESI Gorontalo Abdul Muis Hilala mengapresiasi perhatian dari gubernur. Selama ini ia menyebut APDESI belum memiliki sekretariat permanen yang menyulut koordinasi dan proses surat menyurat.

“Kami juga mengapresiasi perhatian pak gubernur untuk memberikan beasiswa bagi kepala desa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S1. Ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” pungkasnya.

Pelantikan DPD APDESI Gorontalo periode 2021-2026 dipimpin oleh Ketua Umum APDESI Sindawa Tarang.

Dipercaya sebagai ketua DPD APDESI Gorontalo yakni Abdul Muis Hilala, Sekretaris dijabat oleh Basir Kasiaradja dan bendahara Herlina Lihawa. (Adv)

Exit mobile version