Roni Sampir Panggil Hadijah Tayeb dengan Sebutan ‘Ibu Sekda’: Beliau Senior!

TATIYE.ID (KABGOR) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir nampaknya enggan menyapa Hadijah Tayeb dengan menyebut namanya. Lantas seperti apa Roni menyapa Kepala Dinas DPM PTSP itu?

Rupanya, Roni Sampir tak menyapa Hadijah Tayeb dengan sebutan nama, karena ia beralasan menghormati mantan Sekda Kabgor tersebut.

Walaupun sudah tak menjabat sebagai Sekda, Roni selalu menyapa Hadijah dengan sebutan ‘Ibu Sekda’. Hal ini terlihat dimana keduanya hadir bersama dalam agenda pemerintahan.

Momen pertama terlihat pada acara Pembukaan Musyawarah PMI Kecamatan Tibawa. Di kesempatan ini Hadijah Tayeb mewakili Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo membuka kegiatan organisasi kemanusiaan yang dikomandoi langsung oleh Roni Sampir.

Momentum kedua, sapaan Ibu Sekda kepada Hadijah kembali terlihat dalam Rapat Kerja Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Gorontalo, di Resto Orasawa Limboto, Kamis (20/10/22).

Ditanya soal sapaan seorang pejabat Sekretaris Daerah kepada mantan Sekretaris Daerah tersebut, Roni Sampir menyatakan bahwa itu cara dia menghormati senior.

“Saya hormati. Beliau senior!” ungkap Roni.

Ia menambahkan bahwa menyapa seseorang dengan nama jabatan merupakan hal lumrah. Bahkan meski jabatan itu tidak lagi diemban seseorang.

“Menyapa seseorang dengan jabatan itu lumrah. Misal, kita memanggil seseorang dengan sebutan ‘Aya’, yang notabene orang itu menjabat atau pernah menjabat Lurah atau Kepala Desa. Begitu juga Kepala Dinas atau mantan Kepala Dinas dengan Kadis, ini lumrah. Makanya saya memanggil beliau dengan Ibu Sekda dan saya yakin orang lain juga sama seperti saya, tetap akan memanggil beliau Ibu Sekda,” tuturnya.

Baginya menghormati mantan Sekretaris Daerah tersebut bukan karena sekadar Hadijah Tayeb sebagai senior, tetapi juga menilai besarnya pengabdian yang telah dipersembahkan Srikandi tersebut dalam pembangunan daerah.

“Selain senior, beliau 12 tahun memegang amanah, sebagai sekretaris daerah. Telah banyak pengabdian dilakukan dalam membangun daerah,” tandas Sekda Roni Sampir.

Hadijah Tayeb sebelumnya 12 tahun menduduki jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo. Karena alasan kesehatan yang tidak lagi fit ia resmi meletakkan jabatan tersebut pada 18 Maret 2022.

Alasan kuat (karena kondisi kesehatan) yang disampaikannya ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pun beroleh persetujuan. Ia menjalani demosi dan jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo di isi oleh Roni Sampir yang melalui penjaringan ketat tim assessor dan kemudian dikoordinasikan dengan Gubernur Gorontalo.

Exit mobile version