RG Datangkan Konsultan dari Jepang, Entaskan Ketersediaan Air Bersih di 3 Wilayah Gorontalo 

Carles Budi Doku Bersama Rustam Akili dan Ahli Jepang Melakukan Penilitian Air Bersih di Kelurahan Leato Selatan

TATIYE.ID– Dua staf Ahli Rahmat Gobel. Yakni Budi Doku dan Rustam Akili di perintahkan Rahmat Gobel mengawal konsultan ahli dari Jepang dalam melakukan Maping ketersedian air bersih diwilayah sulit Air bersih.

Misalnya baru-baru ini kedua staf Ahli memboyong Mr. Sasaky Kazao di dampingi

penerjemah Mohammad Abdullah Aziz melaksanakan kunjungannya di Leato dan ke pulauan Ponelo di Gorut.

Carles Budi Doku mengungkapkan, bahwa konsultan air melakukan penelitian dan memberikan solusi kepada warga yang sulit air.

Carles mencontohkan, seperti di Kelurahan Leato Selatan menemukan 2 persoalan air dan toilet

“Kan hasil pembuangan air toilet itu mengandung bakteri, dimana masyarakat membuat sumur suntik untuk air minum kedalamannya hanya 3-4 meter. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap sumur suntik yang dibuat oleh masyarakat, makanya jangan heran air yang berasal dari sumur suntik itu berbau tidak sedap” ungkap Carles Bodi Doku.

Berdasarkan hal tersebut, upaya yang harus dilakukan untuk pencegahan agar masyarakat Gorontalo terbebas dari air yang tidak layak di konsumsi maka harus dibangun sistem pengelolaan air bersih tepatnya dibawah kaki gunung.

” Hasilnya nanti dibawa ke Wakil Ketua DPR-RI  Rahmat Gobel untuk tindak lanjutnya seperti apa. Yang jelas sesegera mungkin di Entaskan agar masyarakat dapat menikmati air bersih ” tutup Carles.

Seperti diketahui penilitian oleh Ahli air Jepang di Kepulauan Ponelo di  hadiri aparat Pemerintah Gorut dan pemerintah setempat.(*)

Exit mobile version