Resmi, Marten Taha Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude 

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Dihadapan para penguji pada sidang terbuka, Wali Kota Gorontalo, Marten Taha akhirnya resmi menyandang gelar doktor bidang Antropologi dengan predikat terbaik atau cumlaude, Senin (28/03/2022) di Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar.  

Dipimpin Prof. Dr. Armin Arsyad, M.Si. selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNHAS Makassar, pelaksanaan sidang dilakukan secara daring dan luring. Meski demikian, Marten Taha tampil percaya diri menyampaikan paparannya dihadapan penguji internal sebanyak 7 orang dan penguji eksternal lainnya. 

Strategi dalam mengimplementasikan Program Kartu Sejahtera dengan sebuah pendekatan antropologi kebijakan publik di Kota Gorontalo menjadi bahan disertasi. Menurut Marten Taha dalam kajiannya, salah satu bentuk dalam membangun skenario strategi pengentasan kemiskinan di Provinsi Gorontalo khususnya di Kota Gorontalo.

“Hingga saat ini masih terdapat beberapa masalah yang harus diselesaikan terkait mengatasi pengangguran di Kota Gorontalo. Sebab, pengangguran dari tamatan SMA, SMK hingga perguruan tinggi serta garis kemiskinan dan presentase penduduk miskin di Kota Gorontalo terbilang masih cukup tinggi. Sehingganya bagi saya, kesejahteraan sosial ini harus terpenuhi kebutuhannya, baik itu secara material, spiritual maupun sosial,” bebernya.

“Kita ketahui bersama, dalam mencapai kesejahteraan tidak semua bisa dilakukan masyarakat secara individu atau mandiri, namun hal itu harus ada dukungan dari Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan tersebut,” lanjutnya.

“Dalam UUD tertuang bahwa Pemerintah harus turut berperan serta dalam menjamin kesejahteraan secara adil bagi seluruh rakyat Indonesia. Sehingga dengan adanya program Kartu sejahtera atau sering kita sebut dengan program gratis lahir sampai mati ini diharapkan mampu mengatasi persoalan tersebut,” jelas Wali Kota dua periode tersebut. (*)

Exit mobile version