Resmi Dilantik, Bupati Thariq Ikuti Prosesi Adat Molo’opu

TATIYE.ID (GORUT) – Setelah resmi dilantik sebagai Bupati Gorontalo Utara pada senin kemarin, Thariq Modanggu kini mengikuti prosesi adat Molo’opu yang di gelar oleh Pemerintah Kabupaten Gorut, di rumah dinas Bupati Gorut, Selasa (28/6/2022).

Dalam sebuah tatanan budaya masyarakat Gorontalo, kegiatan adat seperti ini merupakan sebuah keharusan, yang menandakan bahwa pejabat tersebut sudah diterima secara adat Gorontalo.

Prosesi adat Molo’opu ialah upacara penjemputan secara adat dari rumah kediaman pribadi ke rumah dinas jabatan (Yiladia). Upacara tersebut, selain sebagai keharusan memenuhi tatanan adat, juga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan masyarakat dari negeri adat Uduluwo Lo U Limo Lopohalaa (lima negeri adat).

Sejumlah prosesi adat diikuti oleh Thariq Modanggu dan istri Mariyati Mohamad. Di antaranya mopolahe tou taeya (mempersilahkan turun dari kendaraan), mopodiyambango (mempersilahkan melangkah), mopotupalo (mempersilahkan masuk gapura adat).

Upacara tersebut selain sebagai keharusan memenuhi tatanan adat, juga merupakan wujud pengakuan rakyat atas ketokohan dan kepemimpinan serta rasa syukur masyarakat adat kepada pemimpin maupun khalifahnya. (*)

Exit mobile version