Resmi Dibuka, Diklat Wasnas Diharapkan Lahirkan Wasit Taekwondo Yang Lebih Profesional

TATIYE.ID (SPORT) – Pengurus Kabupaten Taekwondo Indonesia (Pengkab TI) Gorontalo bekerjasama dengan Pengprov TI Gorontalo menggelar Diklat Wasit Nasional (Wasnas) dan penyegaran wasit yang diselenggarakan di BPPAUD Pentadio, Kabupaten Gorontalo 13 – 17 Maret 2021.

Diklat yang dibuka langsung Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBTI, Yefi Triaji tersebut juga dihadiri Sekertaris KONI Provinsi Gorontalo, Drs. H. Syafrudin Amir, dan Ketua Harian Pengprov TI Gorontalo, Sabeum Ramli.

Dalam sambutannya, Master Yefi Triaji mengatakan sangat mengsupport Diklat ini karena dinilai dapat mengupdate berbagai materi perwasitan yang dikeluarkan oleh World Taekwondo (WT).

“Kegiatan ini merupakan sejalan dengan upaya PBTI dalam meningkatkan kapasitas para wasit, agar mereka lebih well organize pada kapasitas leadership-nya sebagai wasit. Apakah sebagai Technical Delegate, CSB, Chief Referee, Review Jury (RJ), maupun sebagai Technical Assistant (TA),” ujar Yefi, Ahad (14/3/2021).

“Kegiatan ini juga menjadi salah satu persiapan para wasit cabor taekwondo dalam menghadapi event-event resmi di tahun 2021 seperti, PON Papua, POPNAS, Sea Games, Asian Indoor Martial Art dan lain-lain, termasuk menyiapkan para wasit asal Indonesia ketika bertugas sebagai IR di event-event resmi internasional,” jelas Yefi.

Sementara itu, dalam sambutanya Sekertaris KONI Provinsi Gorontalo, Drs. H. Syafrudin Amir mengatakan bahwa wasit menjadi profesi penting dan amat strategis bagi sebuah pertandingan. Tak terkecuali pertandingan di cabor taekwondo. Di tangan wasitlah sebuah keputusan penting diambil tentang hasil dan nilai-nilai obyektifitas sebuah pertandingan.

“Sebesar apapun pertandingan dan sebaik apapun peraturan pertandingan, tidak akan menjadi berkualitas, apalagi dikenang oleh para atlet sebagai sebuah event yang membanggakan, jika di pertandingan itu, tidak dipimpin oleh wasit yang kompeten dan memiliki kemampuan sebagai pemimpin dan pengadil pertandingan dengan baik,” tegas Drs. H. Syafrudin Amir.

Terpisah Ketua Pengkab TI Kabgor yang juga ketua panitia Wasnas, dr. Irawan Huntoyungo, M.Kes, SP. Ot, berharap pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses serta dapat menghasilkan wasit-wasit profesional juga tegas dalam menjalankan tugas nantinya.

“Sebagai tuan rumah, saya mewakili teman-teman mengucapkan selamat datang dan berharap kegiatan Wasnas dapat berjalan sukses dan lancar. Tidak lupa juga kami berharap dengan konteks peningkatan kompetensi para wasit akan menjadi formula yang kemudian menjadi sebuah proses kesinambungan, simultan dan terjaga kompetensi dan kredibiitas seorang wasit,” harap dr. Irawan Huntoyungo, M.Kes, SP. Ot. (*)

Exit mobile version