Rekrutmen Tenaga Kontrak Baru di RSUD Ainun Habibie Sudah Sesuai Prosedur

TATIYE CHANNEL (GORONTALO) – Pengelola Rumah Sakit Umum Daerah Hj. Hasri Ainun Habibie telah selesai melakukan rekrutmen tenaga kontrak baru dan hasilnya telah diumumkan secara resmi.


Ners. Arifandy Pelealu, S.Kep. M.Kep, selaku Kasie Keperawatan saat dikonfirmasi oleh awak media menyampaikan bahwa ada 40 lebih yang kami rekrut untuk pemenuhan dibeberapa bidang dan semuanya telah melalui proses rekrutmen atau seleksi yang dilakukan pihak RSUD.

“Iya benar kami telah selesai melakukan seleksi untuk pemenuhan tenaga kesehatan dalam proses kebutuhan Tipe C rumah sakit. Sekitar 40 lebih berhasil lulus dan telah mengikuti proses seleksi di antaranya melalui job advertisement, walking interview dengan cara mengunjungi institusi pendidikan dan aktif mencari calon pegawai di institusi tersebut, psikotest, hingga proses penetapan hasil seleksi pegawai, †terang Arifandy.

Dirinya menyampaikan soal ketatnya proses seleksi yang dilakukan oleh pihak RSUD. Hal ini dikarenakan jumlah pelamar yang sangat banyak menghampiri 1000 pelamar. Ã¢â‚¬Å“Karena banyaknya jumlah pelamar maka seleksi kita perketat. Kita memanfaatkan master data rumah sakit, memang rekrutmen tahap III yang dilaksanakan pada bulan agustus kemaren sudah terjadwal, sangat terbatas dan kebutuhan rumah sakit masih sedikit, kita prioritaskan untuk peserta yang sebelumnya telah kita ketahui nilainya dan sudah pernah mengikuti seleksi,”  tutupnya.


Berbeda dengan dua rekrutmen sebelumnya yang disampaikan secara umum. Sebab kebutuhan sebelumnya, tenaga kontrak yang dibutuhkan mencapi ratusan orang. Sementara di rekrutmen terakhir tahap 3, hanya 40an tenaga kontrak. 

“Untuk rekrutmen kemarin hanya sedikit. Hanya 40an orang yang kami rekrut untuk pemenuhan tenaga di beberapa bidang,” ucap Olis Bakari Kasubag Tata Usaha, RSUD Ainun Habibie. Karena rekrutmen ini terbatas, sehingga tidak disampaikan secara umum melalui media. Melainkan melalui pengumuman di rumah sakit dan peserta ujian yang sebelumnya pernah diseleksi oleh RS Ainun. 


“Kita punya master data. Dari dua kali rekrutmen kemarin, sudah hampir dari 1.000 orang yang melamar di RS Ainun. Kita melihat lagi siapa peserta yang nilainya tertinggi, kemudian kita informasikan ke mereka bahwa RS Ainun kembali membuka rekrutmen,” tuturnya.

Untuk proses rekrumen di RS Ainun sendiri terdapat empat tahapan. Yaitu 1; Pencarian tenaga kerja melalui job advertisement. 2; Pencarian tenaga kerja melalui Walkin interview. Walkin interview dilakukan dengan mengunjugi institusi pendidikan dan mencari secara aktif calon pegawai di institusi tersebut. 3;Proses seleksi pegawai. 

Proses seleksi adalah proses pemilihan pegawai melalui berbagai metode, diantaranyaSeleksi lamaran kerja yang masuk, pemanggilan calon, wawancara / Interview kepada calon, Psikotest, dan tim seleksi meliputi Pejabat Struktural, Ketua Komite, Kepala Instalasi Kepala Ruangan, sesuai dengan profesi pegawai yang akan direkrut. 4; Proses penetapan hasil seleksi pegawai. (***)

Exit mobile version