Regenerasi Atlet, Mohamad Kalaka; Promosi Degradasi Harus Berjalan

TATIYE.ID (SPORT) – Pembinaan prestasi atlet binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Gorontalo tidak lepas dari skema promosi degradasi bagi atlet yang dinilai berprestasi ataupun tidak berkembang. Hal ini mendapat support dan apresiasi dari pelatih tenis meja PPLP Gorontalo, Mohamad Kalaka.

“Saya sepakat dengan apa yang disapaikan pak sekertaris Dikbudpora Provinsi Gorontalo dalam sambutannya tadi. Yakni bukan hanya soal promosi atlet saja yang harus diingat dalam sebuah pembinaan, tapi juga degradasi. Kalau ada atlet yang tidak berkembang dan berprestasi dalam kurun waktu tertentu, maka wajib didegradasi dan diganti dengan yang lebih potensial,” beber Mohamad Kalaka, Rabu (15/6/2022).

Sehingganya Mohamad Kalaka menilai degradasi atlet yang tidak berprestasi yang diwarning Dikbudpora Provinsi sebagai regulator PPLP Gorontalo sudahlah tepat.

“Kalau sudah dibina dan diberikan kesempatan namun kemudian tidak berkembang, maka langkah selanjutnya yakni kita ganti atletnya. Karena di PPLP atlet yang dibina dengan sekian banyak anggaran oleh pemerintah ya sebagai timbal balik tentu harus berprestasi,” jelasnya.

Sementara itu, untuk seleksi atlet tenis meja PPLP Gorontalo tahun ini tambah Mohamad Kalaka dilakukan sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Jadi mereka akan menjalani Tes Keterampilan yang meliputi tes Pengukuran Antrophometri (Tinggi Badan, Berat Badan, Indeks massa Tubuh kg/m2), Tes Tehnik meliputi, Forehand, Backhand, Forehand Top Spin, Chop, tes Servis dan terakhir Tes Fisik yang ditekankan pada Bleep Tes,” pungkas pelatih yang akrab disapa Coach Pulu tersebut. (*)

Exit mobile version