Realisasi Proyek 0% Tuai Sorotan, Syam : Putus Kontrak Bukan Solusi Tepat

TATIYE CHANNEL (KABGOR) – Pelaksanaan proyek yang realisasinya masih jauh dari target, di Kabupaten Gorontalo (Kabgor) menuai tanggapan dari ketua DPRD Kabgor, Syam T. Ase.

Kepada sejumlah awak media, Syam mengatakan, pelaksana proyek harus segera menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) induk tahun 2019. “Terutama yang realisasi fisiknya masih 0%. Contohnya proyek jalan Idar Hinta dan proyek-proyek lain khususnya di wilayah Batudaa cs. Ini harus segera dipacu agar selesai tepat waktu,” ujar Syam.

Selain menyoroti pekerjaan yang masih di bawah target, Syam juga menanggapi pemutusan kontrak yang selalu diambil oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Alangkah baiknya sebelum memutus kontrak, penyedia anggaran mengundang pelaksana pekerjaan atau sebaliknya, pelaksana datangi penyedia anggaran. Kemudian komunikasikan apa saja yang menjadi penyebab hingga realisasi pekerjaan masih jauh dari target. Sebab, biasanya pelaksana banyak bertemu dengan faktor non tekhnis dilapangan,” ujar aleg PPP ini.

“Kami dan masyarakat banyak berharap solusi yang diambil oleh SKPD bagaimana pekerjaan-pekerjaan itu tuntas dan tidak bermasalah hukum,” harap aleg PPP dari Dapil Batudaa cs ini.

Masih terkait pelaksana proyek, lanjut Syam, pihaknya mengapresiasi rencana Bupati Nelson Pomalingo yang akan mengundang seluruh pengusaha untuk bertemu dengan Kajari untuk membahas pekerjaan proyek agar jauh dari masalah hukum.

“Insya Allah dengan pertemuan ini pula dapat memacu para pelaksana proyek untuk menyelesaikan pekerjaannya,” tutup Syam.(*)

Exit mobile version