Ratusan Mahasiswa UBM Ikuti Webinar soal Tes TOEIC/TOEFL ITP dan Cegah Plagiasi

Webinar Sosialisasi dengan 3 topik utama yaitu Sosialisasi Penetapan Standar Skor TOEIC/TOEFL ITP, Tips dan Trick menghindari Plagiasi, serta alur Pengecekan Plagiarisme dengan Turnitin yang digelar oleh CCLC UBM Gorontalo.

TATIYE.ID (KAMPUS) – Ratusan mahasiswa akhir dari Universitas Bina Mandiri (UBM) Gorontalo serta mahasiswa Program Pascasarjana STIA Bina Taruna Gorontalo antusias mengikuti kegiatan webinar yang digelar secara daring oleh Center of Cooperation Development, Language and Career (CCLC). Senin, (22/3/2021).

Webinar Sosialisasi ini memiliki 3 topik utama yaitu Sosialisasi Penetapan Standar Skor TOEIC/TOEFL ITP, Tips dan Trick menghindari Plagiasi, serta alur Pengecekan Plagiarisme dengan Turnitin. Kegiatan ini menghadirkan pemateri yaitu Wiati Rahayu, Testing Manager, Indonesia International Education Foundation (IIEF) dan Novrianto S. Pd., M.Appling., Ph.D, Direktur Transbahasa yang merupakan mitra dari CCLC Bina Mandiri Gorontalo.

“Kegiatan ini sangat penting mengingat test bahasa inggris telah menjadi syarat kelulusan yakni Surat Keterangan Pendamping Ijazah, dan isu plagiarisme menjadi isu yang bersama-sama kita perangi dalam institusi pendidikan. Sehingga diputuskan untuk dijadikan satu kesatuan webinar,” kata Ketua CCLC, Ayu Anastasya Rachman, S.IP., M.A dalam sambutannya.

Ketua Ayu juga menjelaskan, ketiga rangkaian kegiatan ini erat kaitannya, selain berkontribusi membangun soft skill mahasiswa, juga menjaga kredibilitas intelektual UBM Gorontalo dan PPs STIA Bina Taruna.

Sementara itu, salah satu pemateri Wiati Rahayu mengungkapkan apresiasi terhadap kinerja CCLC yang tetap berupaya menggelar tes TOEFL ITP.

“Teman-teman mahasiswa beruntung karena pusat bahasa CCLC Bina Mandiri menjadi salah satu diantaranya yang berhasil menjalankan TOEFL ITP secara online, mengingat di tengah situasi pandemi kerumunan sangat dihindari. Jadi mahasiswa tetap bisa menerima layanan test bahasa inggris yang kredibel dan berkualitas dengan kemudahan akses dari rumah,” pungkasnya.

Exit mobile version