Rakorev Pajak Bumi dan Bangunan Triwulan III, Marten Taha Sampaikan Ini

TATIYE.ID (PEMKOT) – Pemerintah Kota Gorontalo melaksanakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan Triwulan III, Kamis (28/10/2021)

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Gorontalo, Marten Taha mengatakan, pelaksanaan Rakorev sangat bermanfaat. Selain untuk kelancaran pelaksanaan tugas, kegiatan tersebut dapat mensinergikan kinerja antara Badan keuangan selaku pengelola pajak daerah dengan aparat kecamatan dan kelurahan dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

“Untuk itu saya berpesan kepada seluruh peserta Rakorev, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh tanggung jawab. Sebab kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan PAD Kota Gorontalo” ujarnya.

Berdasarkan laporan dari Kepala Badan Keuangan Kota Gorontalo, bahwa realisasi penerimaan daerah yang berasal dari PAD, khususnya pada Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan, telah melampaui target. Hal tersebut dibuktikan dengan presentase realisasi yang berkisar 78,16% atau sebesar Rp7.620.246.791. Sedangkan normatifnya harus berada pada angka 75% atau Rp7.312.500.000.

Sementara untuk pemutakhiran data objek pajak bumi dan bangunan di 9 kecamatan dinilai mempunyai potensi yang signifikan. Sebab pemutakhiran tersebut ditempuh dengan melakukan pendataan melalui aplikasi Sensus Pajak.

“Adapun sasaran atau target objek pajak bumi dan bangunan yang akan didata kurang lebih 55.998 objek. Akan tetapi realisasi yang baru dilakukan pemutakhiran sejumlah 33.075 objek atau berkisar 59,06% …,”

“Jadi saya menyadari bahwa angka tersebut masih dibawah harapan. Meski demikian kita tidak boleh menunggu dan harus menjemput bola dengan membutuhkan kerja sama dan kerja keras dari semua stakeholder, terutama para camat dan lurah sebagai pemangku wilayah” tegansya.

Akhir penyampaian, Wali Kota dua periode berharap kepada Sekretaria Daerah Kota Gorontalo, dapat melakukan evaluasi dan mencarikan solusi terbaik terhadap peningkatan PAD. Agar PAD Kota Gorontalo kedepan bisa lebih baik dibandingkan di tahun-tahun sebelumnya. (**)

Exit mobile version