Program Bantuan Lomaya untuk 1000 KPM Kembali Disalurkan

TATIYE.ID (POHUWATO) – Pemda Pohuwato kembali salurkan bantuan non tunai bersyarat untuk program layanan novasi sosial menuju masyarakat sejahtera (Lomaya) kepada 1000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Secara simbolis, bantuan berupa buku rekening tabungan itu diserahkan oleh Bupati Saipul A. Mbuinga, pada Jum’at, (09/07/2021) di gedung aula panua.

Dalam sambutannya, Bupati Saipul mengatakan program lomaya merupakan salah satu program unggulan Dinas Sosial dan merupakan program satu-satunya di Indonesia.

“Lomaya sendiri adalah bantuan non tunai bersyarat yang diberikan kepada keluarga miskin atau tidak mampu yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) tapi tidak menerima program PKH. Hebatnya program ini hanya ada di Pohuwato,” tutur Bupati.

Sebagai pemerintah, Bupati Saipul Mbuinga berharap agar bantuan ini dapat bermanfaat juga dapat membantu memenuhi kebutuhan pokok KPM.

Sementara itu, Kadis Sosial, Ahmad Djuuna menjelaskan jika bantuan ini tidak sebesar bantuan PKH dan besaran bantuan menurun setiap tahun dan hanya berlangsung selama 3 tahun.

“Setiap tahun bantuan diberikan hanya satu desa per kecamatan, dengan memperhatikan skala prioritas yang diukur berdasarkan presentase antara jumlah keluarga miskin DTKS dikurangi keluarga miskin yang sudah menerima PKH. Untuk tahun 2021 ini sebanyak 1000 KPM,” ujarnya.

Exit mobile version