Prahara Cawabup SM di Pilkada Belum Jelas, Yang Pertama Paling Masuk Akal

Prahara soal siapa yang nantinya akan mendampingi Saipul A. Mbuinga pada Pilkada 2024 yang akan berlangsung pada November mendatang masih menjadi misteri untuk kalangan pengamat politik yang ada di Kabupaten Pohuwato.

Meskipun terbilang masih cukup lama, pasangan yang akan bertarung pada Pilkada Pohuwato kini mulai hangat diperbincangkan, salah satu yang menarik adalah munculnya beberapa nama yang diprediksi akan mendampingi Ketua DPC Gerindra, Saipul A. Mbuinga pada Pilkada kali ini.

Daiman Ali, Suharsi Igirisa, Nasir Giasi dan Iwan Adam adalah nama yang kerap disebut akan mendampingi Saipul pada Pilkada Pohuwato. Diantara nama-nama diatas, ada satu nama yang cukup dilirik oleh publik, Yaitu Daiman Ali. Pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dimasa kepemimpinan Syarif Mbuinga, Daiman dinilai layak untuk mendampingi Saipul.

Berbekal pengalamannya sebagai Kabag Kesra yang bertugas menyusun dan menetapkan kebijakan pelaksanaan peningkatan kesejahteraan rakyat dalam bentuk penanganan sosial keagamaan, pendidikan dan kebudayaan serta kesejahteraan sosial, Daiman dinilai cukup mumpuni dalam membantu Saipul untuk menjalankan roda pemerintahan.

Selain itu, pada perhelatan Pilkada 2020, Pasangan Saipul-Suharsi juga mempercayakan ketua tim pemenangan kepada Daiman Ali, mulai dari merumuskan program hingga pengaturan tim dalam melakukan kampanye dilapangan.

Selanjutnya ada nama petahana, Suharsi Igirisa. Suharsi yang merupakan kader terbaik Golkar yang pernah menorekhkan sejarah dimana lembaga DPRD Kabupaten Pohuwato dipimpin oleh seorang perempuan asal ujung barat pohuwato. Bahkan, Suharsi sering dijuluki Srikandi oleh kaum hawa karena terkesan tak pernah terkalahkan dalam pertarungan politik. Terakhir, Suharsi berhasil membuat anak kandungnya terpilih sebagai anggota DPRD Pohuwato pada Pemilu yang berlangsung pada Februari kemarin.

Yang berikutnya ada nama Iwan Adam, Mantan Kader Golkar yang kini menjadi ketua partai Nasdem di pohuwato dan terpilih sebagai anggota DPRD dari Nasdem pada Pemilu 2024 ini juga santer diisukan sebagai calon kuat yang akan mendapingi Saipul. Belum lama flayer pernyataan sikap dirinya untuk maju sebagai kontestan di Pilkada Pohuwato, menyusul pertemuan Saipul bersama Rahmat Gobel. Oleh sebagian pengamat mengartikan bahwa pertemuan itu sudah mulai masuk dalam pembahasan Pilkada Pohuwato.

Terakhir ada nama Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi. Ketua DPD II Golkar Pohuwato ini rupanya sudah tidak berambisi lagi untuk berpasangan dengan Saipul, hal itu terungkap dari beberapa pernyataan kader Golkar yang mengatakan bahwa mereka takut untuk bertarung memperebutkan posisi wakil bupati dari Saipul. Disisi lain, ada juga yang memprediksi bahwa diamnya Nasir saat ini karena sedang mengumpulkan para cukong untuk mengimbangi kekuatan Saipul dan pada akhirnya ia akan maju sebagai calon Bupati Pohuwato.

Lagi-lagi, beberapa analisa diatas belum mutlak menjadi indikator siapa yang layak untuk mendampingi Saipul pada Pilkada nanti. Semua kemungkinan bisa saja terjadi tergantung sikap dari masing-masing calon kandidat. Sebab, yang terbaik akan lahir dari konsep yang baik untuk membangun daerah pohuwato ke depan.

Exit mobile version