Pra POPNAS Sulteng 2022, Tempuh Perjalan 20 Jam, Kerja Keras Pelatih Pulihkan Stamina Atlet

TATIYE.ID (SPORT) – Perjalan darat yang cukup melelahkan dari Gorontalo ke Palu Sulawesi Tengah selama kurang lebih 20 jam membuat kebugaran dan stamina atlet menjadi perhatian serius para pelatih. Pasalnya jedah satu hari sebelum tanding bakal dimanfaatkan dengan baik sebelum bertanding.

“Perjalanan panjang ini tentunya memiliki pengaruh signifikan terhadap kondisi kebugaran atlet, terlebih begitu tiba di Palu, mereka harus mengikuti beberapa kegiatan seremonial yang telah dijadwalkan panitia penyelenggara Pra POPNAS,” ujar pelatih basket Pra POPNAS Gorontalo, Jufriyanto, Senin (7/11/2022).

“Situasi dan kondisi yang ada, tentunya tidak ideal namun kami coaching staff dan atlet akan tetap berusaha memberikan yang terbaik bagi daerah,” timpalnya.

Jufriyanto berharap kedepan, Pemerintah Daerah harus memperhatikan lagi hal-hal kecil seperti ini karena bisa berdampak pada peforma atlet.

“Proses aklimatisasi itu penting terlebih bertanding di daerah baru, agar atlet bisa mengkondisikan diri dengan lingkungan tempat bertanding sehingga dapat menunjukkan peforma optimal,” harapnya.

Sementara hal senada juga disampaikan Romy Malanua, pelatih tim sepakbola Pra POPNAS Gorontalo. Dari pantauannya selama perjalanan dan akhirnya tiba di Palu, kondisi stamina pemain kurang fit. Ini karena selama perjalanan mereka tidak dapat istirahat dengan cukup baik.

“Seharian anak-anak tidak tidor bagus, dan pengalaman saya apabila seorang atlet sepakbola tidur malamnya tidak sampai 8 jam full, bisa menggangu kondisi atlet tersebut. InshaAllah saya akan maksimalkan sisa waktu recovery yang hanya sehari dengan baik,” ungkap Romy Malanua.

Terakhir tidak lupa Romy memohon doa dukungan masyarakat Gorontalo agar tim sepakbola Pra POPNAS Gorontalo beroleh hasil memuaskan dan lolos ke POPNAS tahun depan.

“Rencana pelaksanaan kompetisi mulai Rabu tanggal 9 November, dan kami mohon doanya dari masyarakat Provinsi Gorontalo. InshaAllah para atlet dalam kondisi fit pada pelaksanaan pertandingan nanti dan bisa sukses lolos ke POPNAS Palembang,” harapnya. (*)

Exit mobile version