POTRADNAS IX tahun 2023, Momentum Pengembangan Olahraga Asli Indonesia

TATIYE.ID (SPORT) – Pekan Olahraga Tradisional Nasional (POTRADNAS) yang dihelat di Open Space Gallery Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Menjadi ajang untuk melestarikan sekaligus mengembangkan olahraga tradisional asli Indonesia kepada generasi muda tanah air.

Event yang berlangsung pada 12 hingga 15 Juni 2023, yang diikuti oleh pemuda berusia 15-22 tahun dengan terdiri dari 20 orang di tiap provinsi. Terdapat lima jenis olahraga tradisional yang akan dipertandingkan pada POTRADNAS IX Tahun 2023 ini. Ada Hadang, Egrang, Sumpitan, Terompah Panjang, dan Gasing, dan diikuti oleh 18 Provinsi, 3 kota dan 5 kabupaten, dengan jenis perlombaan hadang putri, egrang putra, terompah panjang putra, sumpit dan gasing putra dan putri.

“Dengan slogan olahraga tradisional mendunia, pada kegiatan ini Prov Gorontalo mengikuti 3 jenis lomba yakni hadang, terompah panjang dan egrang dengan jumlah atlet 15 org, 3 pelatih serta 1 official,” kata Kabid Olahraga, Dispora Provinsi Gorontalo, Hifni Tegela, Selasa (13/6/2023).

Kegiatan ini diawali dengan defile kontingen. Dilanjutkan dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, mengatakan bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk melestarikan dan mengembangkan olahraga asli Indonesia, yang merupakan budaya bangsa, agar kekayaan budaya khususnya olahraga tradisional semakin diminati di negeri sendiri.

“Pentingnya kegiatan ini untuk terus dilaksanakan di tengah tingginya gempuran game online bagi anak muda Indonesia. Saat ini, anak-anak muda hobinya main game online. Apa-apa mudah dari genggaman, tidak butuh banyak bergerak. Lama-lama ini tidak baik dampaknya bagi anak muda, baik untuk fisik maupun mentalnya. Selain itu juga untuk membugarkan masyarakat melalui olahraga tradisional,” ungkapnya.

Selanjutnya Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo SH dalam sambutan.singkatnya menyampaikan melestarikan budaya yang telah dilestarikan secara turun temurun. Tahun ini kita sebagai juara umum pada sea games 2023, pemerintah tetap berkomitmen dalam mengembangkan olahraga yang telah ada secara turun temurun secara nasional.

“Saya mengajak semua pihak untuk tetap melestarikan dan mengembangkan olahraga tradisional baik alatnya maupun eventnya guna meningkatkan sport tourism dalam pengembangan pariwisata indonesia. Jadikan tradisi menjadi prestasi
Salam Olahraga….. Jaya…,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version