PON XXII 2028, Takraw Wajib Dipertandingkan Di Gorontalo

TATIYE.ID (SPORT) – Merespon rencana tuan rumah bersama PON XXII tahun 2028 Sulteng-Gorontalo, Marthen Taha mantan Ketua KONI Provinsi Gorontalo yang kini Walikota Gorontalo sangat berharap agar cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Gorontalo harus merupakan cabor unggulan daerah.

“Menurut saya beberapa cabang olahraga yang bisa dilaksanakan pertandingannya di kota Gorontalo atau Provinsi Gorontalo diantaranya cabang sepaktakraw. Alasannya, karena sepak takraw kita saat ini adalah yang terbaik di tanah air, selain itu SDM nya juga sudah ada dan banyak, tinggal kita mengembangkan fasilitas gedung olahraganya,” kata Marthen Taha saat diwawancarai Rabu (8/12/2021).

Selain berharap dan tegas meminta KONI Provinsi untuk memperjuangkan sepaktakraw dipertandingkan di Gorontalo jika tuan rumah bersama PON XXII Sulteng Gorontalo Khatulistiwa memenangkan Bidding yang akan dilangsungkan tahun depan. Marthen juga menilai masih ada beberapa cabor lain yang bisa atau layak dipertandingkan di Gorontalo.

“Kita punya pencaksilat, bulutangkis, ski air, taekwondo, dan ski air yang saya rasa cukup bisa dipertimbangkan untuk dipertandingkan di Gorontalo,” beber sosok yang hobi olahraga golf tersebut.

Terakhir Marthen menambahkan, ketika nanti Sulteng-Gorontalo memenangkan Bidding sebagai tuan rumah PON XXII tahun 2028, maka harus diperhatikan dan duduk bersama membahas apa yang dilakukan pasca PON.

“Selain berjuang untuk bagaimana kita bisa menjadi tuan rumah, pasca PON itu sebenarnya menjadi fokus perhatian kita bersama. Karena jika berbagai fasilitas olahraga dibangun demi event PON, tentunya setelah itu siapa yang nanti akan melakukan perawatan dan pemeliharaannya. Sehingga hal ini juga harus jadi perhatian kita,” tambahnya. (*)

Exit mobile version