PON XX Ditengah Pendemi Covid-19, Atlet Pelatih dan Kontingen Harus Siap Divaksin

TATIYE.ID (SPORT) – Ketua Tim Sukses (Timses) Kontingen PON XX Provinsi Gorontalo, Maman Djakaria, SH, mengatakan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua bulan Oktober 2021 mendatang serta menghentikan penyebaran virus corona atau Covid-19, vaksinasi terhadap atlet, pelatih dan official kontingen wajib dilakukan.

“Meskipun PB PON saat ini belum menjadikan vaksinasi anti Covid-19 sebagai syarat pendaftaran pada keiikutsertaan PON XX, namun demikian demi pencegahan, atlet, pelatih dan official kontingen harus siap menjalani vaksinasi itu sebelum berangkat ke PON XX Papua bulan Oktober mendatang,” kata Maman Djakaria, Kamis (4/3/2021).

Menurutnya untuk mendapatkan prioritas vaksin bagi para atlet, KONI Provinsi Gorontalo akan mengajukan permohonannya kepada Gubernur. Dengan harapan, pemberian vaksin kepada para atlet akan memperteguh kesiapan para mereka untuk dapat meraih prestasi terbaik di PON XX Papua tahun ini.

Sementara itu, Ketua Harian KONI Provinsi Gorontalo, Yakub Tangahu menuturkan, vaksiansi Covid-19 kepada pengurus Olahraga lebih khusus Altet sangat penting karena sebagian besar melaksanakan aktivitas diluar yang bersentuhan dengan publik. Proses pemusatan latihan atlat hingga saat ini terus berjalan sehingga membutuhkan perlindungan terhindar dari penyebaran wabah Covid-19.

“Keseharian kita ini kan terlibat dengan masyarakat dengan semua elemen, sehingga saya harapkan kepada pemerintah Provinsi atau dinas terkait agar dijadwalkan untuk dilakukan Vaksin kepada Atlet,” tutur Yakob Tangahu.

Yakob Tangahu mengungkapkan selama wabah Covid-19 ini melanda tanah Air termasuk Gorontalo aktivitas Atlet dan pelatih dilakukan pembatasan sehingga proses latihan tidak berjalan maksimal. Sehingganya sisa waktu delapan bulan ini harus dimaksimalkan dalam meningkatkan kemampuan atlet.

“Pelaksanaan PON XX akan digelar bulan Oktober tahun ini, sehingga butuh kesiapan lebih ekstra lagi termasuk memperhatikan kondisi kesehatan atlet,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version