Pohuwato dan UNG Bahas Daerah Kawasan Ekonomi Khusus Teluk Tomini

TATIYE.ID (POHUWATO) – Bersama Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Pemerintah Kabupaten Pohuwato membahas progres pemilihan kabupaten yang berjuluk Bumi Panua itu sebagai kawasan ekonomi khusus di wilayah teluk tomini.

Hal itu tertuang dalam komitmen bersama antara Pemkab Pohuwato dan UNG sebagai pengagas kawasan ekonomi khusus teluk tomini, yang di tandai dengan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU), di Ruang pola pada, Senin (17/01/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Saipul Mbuinga mengapresiasi gagasan yang dibawa oleh pihak UNG tersebut karena sangat membantu pemerintah dalam hal peningkatan perekonomian masyarakat di bumi panua itu sendiri.

“Tentunya ini penting untuk daerah kita, dalam hal percepatan perekonomian di Kabupaten Pohuwato, MoU yang telah di tandatangani akan di tindak lanjuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS),” terang Saipul.

“Kami mengapresiasi civitas Akademika UNG atas keseriuan dalam memeberikan perhatian untuk pengembangan kesejahtraan bumi panua. InsyaAllah, upaya maksimal UNG yang dapat membantu daerah kita dapat terwujud, dan secepatnya PKS itu bisa di tandatangani seminggu lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian, Perencanaan dan Pengembangan (Baperlitbang) Pohuwato, Irfan Saleh mengungkapkan jika MoU itu didasari oleh gagasan pihak UNG yang melihat Kabupaten Pohuwato memegang posisi strategis di teluk tomini.

“Mereka menginkan Pemkab Pohuwato memiliki rencana-rencana detail yang bisa di perjuangkan untuk menjadi kawasan ekonomi khusus teluk tomini,” ujar Irfan.

“Ini akan di tindak lanjuti dengan penandatanganan PKS antara UNG dan dinas terkait, misalnya antra Fakultas Pertanian dengan Dinas Pertanian, Fakultas Perikanan dengan Dinas Perikanan, tentu mendesain apa yang paling tepat untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pohuwato,” pungkasnya.

Exit mobile version